MERAUKE-Ustad Wawan Gunawan mewakili Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merauke dengan tegas mengungkapkan bahwa teroris merupakan musuh bersama yang harus dilawan dan dilumpuhkan.

   “Kita sepakat bahwa teroris itu musuh bersama.  Baik yang beragama maupun tidak, beragama Islam maupun beragama lain yang sudah berstatus teroris menurut  Densus  yang ahlinya dalam bidangnya, menjadi musuh bersama yang harus kita cegah. Yang harus kita lawan dan harus kita lumpuhkan,” tandas Ustad Wawan Gunawan saat memberikan sambutan pada pengukuhan dan pelantikan pengurus DPD Lembaga Dakwa Islam Indonesia (LDDI) Kabupaten Merauke, Rabu (9/6).

  Ustad Wawan Gunawan menjelaskan bahwa kita perlu mendukung tugas Polri dalam dalam ini Detasemen Khusus 88 dan Polres Merauke yang terus aktif dalam melaksanakan tugasnya dan upaya penegakan hukum demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.  Dikatakan, selama  ini  hubungan antar umat beragama di Kabupaten Merauke sudah sangat baik, sehingga tidak boleh dicabik-cabik oleh  kelompok terorisme tersebut.

   Sementara itu, pada momen pelantikan tersebut, dilakukan deklarasi bersama penolakan terhadap terorisme dan paham radikalisme Kabupaten Merauke ditandai dengan penandatanganan  di atas baliho yang disiapkan.

   Ketua Harian DPD LDII Kabupaten Merauke H.  Bekti Utomo, S.Sos menjelaskan bahwa  salah satu program dalam pengukuhan dan pelantikan  LDII tersebut dengan menyisipkan deklarasi bersama.

  “Ini adalah sikap dan respon kami selaku anak bangsa, lembaga dakwah Indonesia untuk mengajak seluruh warga dakwa Indonesia dalam hal ini Kabupaten Merauke dan masyarakat Merauke untuk  berkomitmen Bersama menolak dengan tegas tindakan maupun paham radikalismes dan paham-paham radikalisme yang mengatasnamakan agama. Karena hal tersebut tidak sejalan dalam Al-Quran dan hadits,” kata Bekti Utomo.

  Sebab lanjutnya, Islam mengajarkan rahmatan lil alamin. Sedangkan terorisme tidak sejalan dengan ajaran Al-quran dan hadits. Penandatanganan deklarasi bersama itu diawali Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke Ruslan Ramli, SE, M.Si, Ketua DPW LDII Papua H. Sugiyanto, SE, M.Si. Ketua DPD LDII Kabupaten Merauke H. Bekti Utomo, mewakili MUI Kabupaten Merauke Ustad Wawan Gunawan, Forkopimda  yang hadir, Ketua FKUB Kabupaten Merauke Pastor John Kandam, Pr. (ulo/tri)