Truk bak sampah yang terbalik dan jatuh sekitar 10 meter dari jalan raya di belakang Gereja Bethel Gereja Pentakosta (GBGP)Jemaat Filadelfia Overtom Kota Jayapura,  Senin (21/9) Kemarin. ( FOTO: Priyadi/Cepos)
 

JAYAPURA- Truck Dinas Kebersihan Pemerintah (DKP) Kota Jayapura yang dikemudikan Lamek Mayor (35) tergelincir dan masuk ke jurang di Jalan Raya Ardipura tepatnya di tanjakan belakang Gereja Overtom, Distrik Jayapura Selatan, Senin (21/9).

Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota AKP Viki Pandu Widhapermana menerangkan, tergelincirnya truck DKP  karena tanah yang dilewatinya longsor. Kecelakaan tunggal tersebut yang menimpa Lamek Mayor (35) yang merupakan ASN DLHK Kota Jayapura bersama Ulis Mayor (12).

“Sebelum kecelakaan terjadi Truk DKP dengan Nomor Polisi PA 8141 R datang dari arah jalan belakang Ampera dengan mengangkut  sampah, kemudian mobil tersebut hendak menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nafri dan sesampainya di tanjakan belakang Gereja Overtom, kendaraan tersebut berhenti sambil menunggu kendaraan yang melintas dari arah Polimak tujuan Kota,” paparnya.

Lanjutnya, karena kurang hati-hatinya pengemudi mobil truck yang mengambil jalur terlalu kekiri jalan sebab disamping kiri tanjakan adalah jurang. Sehingga menyebabkan tanah tersebut mengalami longsor yang mengakibatkan truck terguling jatuh kedalam jurang sebelah kiri.

“Akibat dari kecelakaan tersebut pengemudi mengalami luka lecet dan memar punggung, sementara penumpangnya tidak terluka. Kerugian material yang dialami mencapai sekitar Rp 15 juta,” pungkasnya.

Sementara itu  Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura Ir H.Ketty Kailola, M.Si.,mengakui, salah satu truk sampah pengangkut sampah terbalik di belakang Gereja Bethel Gereja Pentakosta (GBGP)Jemaat Filadelfia Overtom, Senin (21/9) pagi kemarin.

   Menurut Ketty truk pengangkut sampah waktu itu habis mengangkut sampah di Ampera, setelah itu truk sampah mau naik tanjakan akibat jalan ambles maka truk langsung terbalik dan jatuh di bawah sekitar 10 meter dari jalan raya.  Dari hasil pantauan Cenderawasih Pos  truk tersebut langsung dievakuasi siang kemarin. (fia/dil/wen)