Tampak kondisi venue Arena Aquatic Papua Bangkit di Kompleks Stadion Papua Bangkit yang akan digunakan pada PON XX tahun 2021. (FOTO: Erik/Cepos)

*Arena Aquatic Papua Bangkit Berstandar FINA

JAYAPURA-Meski di tengah Pandemi Covid-19, pemerintah daerah dan pemerintah pusat terus konsisten menyelesaikan pembagunan venue yang akan digunakan sebagai venue pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021.

Untuk Venue yang tertuang dalam Inpres PON, melalui Kementrian PUPR terus menggenjot progres pembagunan venue seperti, Istora, Cricket, Hockey dan Aquatic kini hampir rampung 100 persen.

Khusus Arena Aquatic Papua Bangkit yang menghabiskan anggaran APBN senilai Rp 401 miliar itu kini mencapai progres pengerjaan 95,27 persen sejak dibangun tanggal 7 Desember 2018 oleh PT. Waskita Karya (Persero) dan ditargetkan rampung 100 persen pada bulan Juli mendatang.

Venue yang berada tepat di sisi kiri Stadion Papua Bangkit itu hampir memiliki kemiripan dengan Arena Aquatic GBK Jakarta. Namun Arena Aquatic Papua Bangkit ini memiliki konstruksi lebih unggul.

Hal yang paling menakjubkan dimana seluruh komponen yang berada di Arena Aquatic memiliki standar Federasi Renang Internasional atau Federation Internationale de Natation (FINA).

Dari sisi kolam, Aquatic Papua Bangkit dilengkapi tiga kolam, kolam tanding dan kolam polo air, kolam diving, kolam pemanasan.

Untuk kolam tanding dan kolam polo (10 garis) memiliki panjang 51,23 meter, lebar 25 meter kedalam 3 meter. Kolam diving memiliki panjang 21 meter, lebar 25 meter dan kedalam 5 meter. Sementara untuk kolam pemanasan memiliki panjang 50 meter, lebar 21 meter dan kedalam 1-2 meter.

Kolam tanding/diving dan kolam pemanasan pun juga telah dilengkapi dengan pencahayaan yang mumpuni. Khusus untuk kolam tanding dan diving yang berada dalam gedung memiliki pencahayaan 1500 lux, sementara untuk kolam pemanasan gang berada di luar gedung memiliki pencahayaan 600 lux.

Untuk kapasitas kursi, Arena Aquatic memiliki kapasitas 1722 kursi penonton. Dimana untuk kursi reguler 1566 buah, VIP 132 buah dan untuk kursi VVIP 24 buah. Sementara untuk bentangan spaseframe (atap) Aren Aquatik memiliki panjang 92,4 meter dan lebar 53 meter.

Di PON XX 2021, Arena Aquatic bakal mempertandingkan cabang olahraga renang, short chourse 25 m, water pollo, renang indah dan loncat indah tersebut, dipastikan sudah siap digunakan. Sebab saat ini tinggal melakukan finishing bangunan.

Project Manajer PT Waskita Karya (Persero), Hapsak Panca mengatakan, bahwa progres Arena Aquatic Papua Bangkit lebih cepat dari yang ditargetkan.

“Saat ini venue Akuatik sudah mencapi 95,27 persen dari rencana 90 persen dan lebih cepat dari target, target rampung sesuai kontrak di bulan Juli,” ungkap Hapsak kepada Cenderawasih Pos, Jumat (12/6).

“Secara garis besar, bagian terbesarnya yakni Field Of Play yang meliputi arena kolam tanding, pemanasan hingga papan loncat seluruhnya sudah dapat berfungsi dan digunakan. Begitupun fasilitas lainnya sudah berfungsi juga, ruang ganti, lighting dan toilet sudah berfungsi,” sambungnya.

Menurut Hapsak, dengan berstandar internasional dan pembangunannya sesuai dengan aturan-aturan dari FINA, seperti ukuran, kedalam serta fisilitasnya. Sehingga nantinya bila di PON bila ada rekor tercipta dapat diakui oleh seluruh dunia.

“Nantinya akan ada proses sertifikasi. Jadi kalau ada pemecahan rekor bisa langsung diakui rekornya oleh FINA karena sudah di sertifikasi oleh FINA,” ujarnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad saat menyambangi venue Aqutic pin dibuat terpukau.

Menurutnya, dengan hadirnya Arena Aquatic dapat menjadi ikon olahraga baru di Bumi Cenderawasih. Sehingga ia berharap, pasca PON, dari Arena Aquatic lahir perenang handal Papua.

“Ini satu kebanggan bagi Papua, dimana kita punya fasilitas olahraga yang luar biasa berstandar internasional. Harapan kedepan, Arena Aquatic ini bisa menjadi pusat industri olahraga yang bakal mencetak atlet handal asal Papua. Bahkan kalau bisa, seluruh negara di pasifik bisa menggunakan arena ini untuk berlatih,” tandasnya. (eri/nat)