Melihat Pelaksanaan Patroli Rutin Polsek Abepura Minggu Dini Hari 

Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith, melihat anggota melakukan pemeriksaan terhadap mobil yang parkir di Lapangan Trikora Abepura Kota Jayapura, Minggu (01/10) dini hari kemarin. ( FOTO: Yewen/Cepos)

Polsek Abepura terus melakukan patroli rutin. Hal ini sebagai bagian dari menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam patroli ini Polsek Abepura berhasil menyita miras dan mengamankan para penjual miras ilegal. 

Laporan: Roberthus Yewen

Minggu (01/11) dini hari kemarin, sekitar pukul 01.30 WIT Kepolisian Sektor (Polsek) Abepura yang terdiri dari Unit Sabhara, Lantas, Reskrim, dan Unit Binmas berjumlah kurang lebih 10 orang anggota polisi melakukan patroli rutin di wilayah hukum Polsek Abepura Kota Jayapura.

Tim Patroli rutin ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith yang didampingi oleh Kanit Provost, piket Pawas dan piket fungsi yang ada di Polsek Abepura. 

 Patroli yang dilaksanakan ini, sebagai bagian dari menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan kondusif bagi warga masyarakat di wilayah hukum Abepura. Tim Polsek Abepura kemudian melakukan patroli di sejumlah lokasi, terutama yang selama ini diduga menjadi tempat-tempat nongrong muda-mudi, tempat mengkonsumsi miras, tempat penjualan miras ilegal.

 Adapun lokasi yang dilakukan patroli, yaitu Jalan Raya Abepura-Sentani, Jalan SPG Taruna Bhakti Waena, Jalan Belakang Perumnas IV tembus Perumnas II Waena, Kompleks Perumnas IV, Cigombong Kotaraja, Kotaraja Dalam, Kompleks Kampus UOG, Kompleks Furia Kotaraja, Jalan Jeruk Nipis, Kotaraja Luar, Jalan Baru Tanah Hitam, Pasar Youtefa, Dermaga Teluk Youtefa, Kamkey Atas, Jalan RSUD Abepura, Jalan Manokwari, dan Lingkaran Abepura.

 Tim Polsek Abepura melakukan patroli sekitar pukul 02.00 Wit dini hari di Jalan SPG Taruna Bhakti. Hasilnya pihak Polsek Abepura berhasil mendapati warga yang seang berjualan miras menggunakan kendaran yang sedang diparkir.

Mobil yang digunakan untuk menjual miras ini merupakan mobil sejenis pikap Ds. 3419 AD, 1 unit sepeda motor (SPM), 2 karton miras jenis Bir Bintang. Warga penjual miras bersama barang bukti (BB) kemudian digiring ke Polsek Abepura.

 Polsek Abepura kemudian melakukan patroli di Lapangan Trikora Padang Bulan. Di sini pihak kepolisian berhasil mendapati 1 orang pria dan 1 orang wanita berada dalam mobil yang sedang parkir disamping lapangan Trikora.  Anggota Polsek Abepura kemudian memeriksa mobil yang digunakan tersebut. Dari hasil pemeriksaan pihak kepolisian tidak menemukan adanya miras.

 “Ayo segera pulang, karena mengingat tempat sudah sepi dan gelap,” pinta Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith, sambil mempersilakan dua orang yang di dalam mobil tersebut untuk pulang.

 Tak hanya itu, pihak Polsek Abepura kemudian melakukan patroli di Dermaga Teluk Youtefa. Disana pihak kepolisian menemukan warga masyarakat memakirkan kendaran sambil mengkonsumsi miras.

Anggota kemudian melakukan pemeriksaan dibagian dalam mobil. Dari hasil pemeriksaan ditemukan miras. Selanjutnya miras yang ditemukan langsung dibuang. Anggota langsung mengimbau pengemudi dan beberapa orang yang didalam mobil untuk pulang ke rumahnya msing-masing.

 Sekitar pukul 04.15 Wit, pihak kepolisian Polsek Abepura kemudian kembali ke Polsek Abepura. Usia melakukan patroli, selaku Kapolsek Abepura, AKP Duwith mengatakan, patroli  dilakukan agar mengajak masyarakat ikut menjaga dan menciptakan kamtibmas di wilayah hukum Abepura. (*/wen)