Kepala Satpol PP dan Penanggulangan Bencana Provinsi Papua, Welliam Manderi saat memberikan arahan kepada personil Satpol PP di halaman Kantor Gubernur Papua, Senin (8/6) kemarin. ) (FOTO: Gratianus silas/cepos)

-Di Fasilitas Umum dan  Pusat Keramaian

JAYAPURA- Memasuki era New Normal, masyarakat diminta untuk mempersiapkan diri dengan membiasakan diri melakukan hal-hal yang sebelumnya tak biasanya dilakukan. Dengan kata lain, terdapat protokol-protokol kesehatan yang mesti dijadikan perhatian masyarakat.

Demikian, hal ini disampaikan Kepala Satpol PP dan Penanggulangan Bencana Provinsi Papua, Welliam Manderi, bahwa pihaknya telah menempatkan personil di fasilitas umum dalam penanganan Covid-19 di lapangan.

“Di fasilitas umum, protokol kesehatan seperti halnya menjaga jarak maupun mengenakan masker, serta protokol kesehatan lainnya sudah mesti dilakukan. Saya sudah tempatkan personil (Satpol PP) di 19 titik fasilitas umum di Kota Jayapura, baik di mall, supermarket, maupun fasilitas umum lainnya yang kerap menjadi pusat keramaian,” ungkap Welliam Manderi kepada Cenderawasih Pos, Senin (8/6) kemarin.

Personil Satpol PP yang ditempatkan ini memiliki tugas untuk memberikan sosialisasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan saat berada di publik demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di Papua.

“Personil saya  ditempatkan di sana untuk memberikan sosialisasi. Jadi kalau ada masyarakat yang tidak mengenakan masker, kita beritahu, imbau, atau sarankan agar menggunakan masker di tengah penyebaran pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Bahkan, bila perlu kita langsung berikan masker untuk dikenakan,” tambahnya.

“Sehingga edukasi yang disampaikan ini bisa membuat masyarakat menjadi paham dan melaksanannya. Dengan demikian, kita bisa masuk era New Normal ini dengan siap. Karena situasi di mana kita hendak masuk ini adalah situasi yang berbeda. Makanya, kita harus siap dulu baru kemudian masuk ke sana,” pungkasnya. (gr/gin)