JAYAPURA- Di penghujung 2020, perkembangan Covid 19 di provinsi Papua masih terus terjadi. Bahkan, hingga kini, berdasarkan data Satgas Covid 19 Provinsi Papua, total kasus secara kumulatif telah mencapai 13 ribu kasus, atau tepatnya 13.249 kasus, di antaranya 1.237 kasus dalam perawatan, 11.777 kasus sembuh, dan 235 kasus meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., mengonfirmasi penambahan kasus terkonfirmasi positif baru sebanyak 44 kasus, Minggu (27/12) lalu, di mana semuanya berasal dari Mimika.

Sedangkan pasien sembuh bertambah 82 kasus, di antaranya 25 kasus di Mimika dan 57 kasus di Kota Jayapura.

Sebelumnya, Ketua Harian Satgas Covid 19 Provinsi Papua, Welliam Manderi, menyebutkan bahwa disiplin protokol kesehatan dari masyarakat masih menjadi kunci utama dalam memutus mata rantai penularan Covid 19.

Oleh karenanya, diharapkan bagi seluruh masyarakat untuk dapat menerapakan protokol kesehatan secara disiplin, mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, hingga rajin mencuci tangan.

“Protokol kesehatan menjadi protap, menjadi acuan, menjadi satu mode yang harus dilakukan terus setiap saat. Kalau tidak disiplin (menjalankan protokol kesehatan), itu adalah langkah awal penularan terjadi. Oleh karenanya, kita harus disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya. (gr)