dr. Aaron Rumainum ( FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Kepala Bidang Pencegahan dan Pengedalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum, M.Kes., menyebutkan bahwa pihaknya menargetkan pelatihan terhadap vaksinator di 3 kabupaten/kota di Papua sebanyak 2.100 tenaga.

Hingga kini, vaksinator yang telah dilatih sebanyak 143 tenaga, ditambah 9 pelatih yang telah mengikuti ToT (Training of Trainer), sehingga total vaksinator, khususnya di Kota Jayapura, mencapai 152 tenaga.

“Sedangkan untuk dua kabupaten lainnya, yakni Mimika dan Kabupaten Jayapura, kami targetkan masing-masing 100 tenaga vaksinator yang dilatih,” ungkap dr. Aaron Rumainum, M.Kes., Selasa (19/1) kemarin.

Kata dr. Rumainum, pelatihan vaksinasi bagi tenaga vaksinator di dua kabupaten, Mimika dan Jayapura, akan dilakukan secara virtual, mulai pekan depan.

“Minggu depan kita mulai pelatihan secara virtual, kita target sampai akhir bulan ini ada 2.100 tenaga vaksinator di tahap pertama – termin pertama vaksinasi dilakukan bagi tenaga kesehatan. Namun, total vaksinator untuk Papua itu harus mencapai 4.000 tenaga,” pungkasnya. (gr)