JAYAPURA-Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., menagih janji Dinas Kesehatan Provinsi Papua untuk membantu pelayanan di Puskesmas sebagai pilot project dalam penanganan Covid-19 di Kota Jayapura namun janji tersebut sampai sekarang belum terealisasikan.

Wali Kota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano, MM., berbincang bersama Wakil Wali Kota Jayapura Ir.H.Rustan Saru, MM., Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto, Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally ( FOTO: Priyadi/Cepos)

“Kami masih menunggu dari Dinkes Papua untuk membantu Puskesmas di Kota Jayapura sebagai pilot projek dalam penanganan Covid-19, jadi bantuan itu masih kami tunggu apakah jadi atau tidak,’’ungkapnya, kemarin.

Wali Kota berharap, banyak warga yang tinggal di Kota Jayapura jika semua diurus Pemerintah Kota Jayapura tentu tidak bisa maksimal, karena kantor Pemerintah Provinsi Papua beserta OPD-nya juga ada di Kota Jayapura. Oleh sebab itu, jika ada hal yang dibutuhkan Pemkot Jayapura baik itu dalam sector pembangunan, Pendidikan, kesehatan, kesejahteraan masyarakat tentu Pemerintah Provinsi Papua juga harus memperhitungkan supaya masalah yang dihadapi Pemkot bisa diselesaikan dengan baik dan lancar.

  Seperti halnya masalah virus Corona, karena banyak penduduk di Kota Jayapura yang terpapar Covid-19 dana penanganan Covid-19 yang dimiliki Pemkot minim, harusnya jika Pemkot minta dana bantuan dari Pemprov diberikan tanpa harus memperhitungkan, karena dana yang digunakan tetap dibuat pertanggung jawaban.

Diakui Pemerintah Kota Jayapura sangat kewalahan dalam penanganan Covid-19 harus sewa tempat isolasi terpusat, melakukan sosialisasi, memberikan tunjangan kepada dokter dan tim medis, serta lainnya, jika ini tidak dibantu pemerintah Provinsi Papua dana dari Pemkot tidak cukup, terlebih lagi semua warga dari kabupaten lain di luar Kota Jayapura juga banyak di Kota Jayapura ini juga menjadi beban Pemkot Jayapura.

  Oleh karena itu, kalau adanya Kantor Pemprov Papua di Kota Jayapura  tentu ini harus bisa membantu dan bagaimanapun Kota Jayapura sebagai ibu Kota Provinsi Papua jika Kota Jayapura aman, maju dan berkembang tentu Pemerintah Provinsi Papua bisa bangga dan ikut menikmatinya.

Dengan demikian, Pemerintah Provinsi Papua juga harus memperhitungkan dan mau membantu Pemkot Jayapura dalam mengatasi masalah Covid-19 Kota Jayapura.(dil/wen)