Pertemuan antara Pemkab Jayapura dengan Pemprov Papua yang diwakili oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM di Kantor Bupati Jayapura, Sabtu (16/5). Robert Cepos

SENTANI-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahkan bantuan berupa dana Rp 4 miliar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Jayapura untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Jayapura.

Hal ini disampaikan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si di sela sela  pertemuan dengan  Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM  di Kantor Bupati Jayapura, Sabtu (16/5).

Dia   menegaskan,  dana Rp 4 miliar itu akan digunakan semaksimal mungkin untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Jayapura. Baik dalam hal penanganan kesehatan maupun kegiatan ekonomi berupa  program ketahanan pangan di kampung untuk kepentingan jangka panjang bagi masyarakat kampung-kampung di Kabupaten Jayapura.

“Dana ini kami gunakan untuk kesehatan mulai  penanganan Covid-19,termasuk kegiatan ekonomi untuk ketahanan pangan,”ungkapnya.

Lanjut bupati, masyarakat asli Papua di wilayah Kabupaten Jayapura juga mendapat bantuan paket Sembako dari Pemprov Papua. Untuk itu, ia mengharapkan jika ada yang belum menerima bantuan tersebut segera melapor ke RT/RW atau kepala kampung masing-masing, sehingga pihaknya bisa lakukan koordinasi dengan Pemprov Papua.

Bersamaan dengan itu, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga telah memberikan bantuan pangan lokal kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura secara gratis. Di mana pangan lokal ini dibeli langsung dari mama- mama Papua yang menjual pangan lokal tersebut di Pasar Pharaa Sentani.

“Kami membantu mama-mama Papua yang setiap hari duduk, dari pagi sampai sore dan belum tentu mereka punya bisa terjual semua,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua, Ir. Semuel Siriwa, M.Si. (roy/tho)