JAYAPURA-Persipura Jayapura terakhir kali ikut di AFC Cup pada 2015 silam. Setelah absen selama 5 tahun, Persipura akhirnya kembali mewakili Indonesia bersama Bali United pada hajatan Asia kasta kedua itu.

Musim 2021, Persipura meraih satu jatah setelah menempati peringkat ketiga, untuk menggantikan Persebaya Surabaya di posisi kedua dan PSM Makassar juara Piala Indonesia yang terhalang lisensi AFC.

Sayangnya, Persipura musim ini harus memulai kiprahnya dari babak Play Off kontra pemenang Lalenok United (Timor Leste) dan Visakha (Kamboja).

Bila Persipura sukses menuai kemenangan, maka pasukan Mutiara Hitam akan mendapatkan satu tiket di grup H, mendampingi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion Citys (Singapura), Saigon FC (Vietnam).

Hanya saja, manajemen Persipura musim ini masih membekukan aktivitas klub. Bahkan kerangka tim yang akan digunakan Persipura musim ini pun belum jelas. Pasalnya, beberapa pemain Persipura kini menyandang status bebas transfer.

Wonderkid Persipura, Todd Rivaldo Ferre yang masih terikat kontrak dengan Persipura hingga 2023 itu berharap timnya bisa tampil maksimal pada kompetisi Europa-nya Asia itu.

Apalagi AFC Cup musim ini akan menjadi pengalaman perdana bagi Todd Ferre setelah bergabung dengan Persipura sejak 2018 lalu. Pemain yang kini dipinjamkan ke Lampang FC itu merasa bangga Persipura akhirnya kembali mentas di AFC.

“Puji Tuhan saya senang dan bersyukur, karena Persipura bisa kembali tampil di AFC tahun ini,” ungkap Todd Ferre kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Senin (1/2).

Bahkan Todd Ferre mengaku tak akan melewatkan kesempatan langka itu. Pemain yang kini berusia 21 tahun itu mengaku akan tampil maksimal.

“Mungkin ini pertama kali buat saya, kalau diberi kepercayaan ya mungkin ingin membawa Persipura berprestasi lagi di AFC,” katanya.

Sekadar diketahui, Todd Ferre akan dipinjamkan bersama Lampang FC hingga putaran kedua Thai League 2 usai, atau sampai April. Sementara Persipura akan memulai babak Play Off pada akhir Mei. (eri/tho)