MERAUKE-Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Boven Digoel telah  menyalip Kabupaten Merauke  yang  pada  Kamis (11/6) masih  berada di urutan  ke-9, kini   menjadi  urutan  ke-8 setelah   Kabupaten  Jayawiaya  yang memiliki  jumlah kasus  yang sama.  Ini setelah  3  tambahan kasus  terkonfirmasi  positif Corona di  Kabupaten   Boven Digoel.  

   Kepala Dinas   Kesehatan Kabupaten Boven   Digoel   H. Syakib, SKM, mengungkapkan  bahwa  dari  23  rapid test yang reaktif   dan  dilakukan  pemeriksaan lanjutan  dengan swab ke Jayapura,  ternyata  3 diantaranya   terkonfirmasi   positif. “Dari 23   hasil rapid test yang  reaktif  kemudian  kita ambil swab  untuk  kita kirim ke Jayapura, hasilnya  3 diantaranya   dinyatakan positif,’’ kata   Syakib  ketika  dihubungi media ini   lewat telpon selulernya, Jumat  (12/6).

   Ketiga   tambahan pasien  positif   Covid-19    kata dia, seluruhnya   laki-laki.  Yakni AW berumur   29, kemudian RS  berumur 58  tahun dan BA  berumur  28  tahun.   Dua dari tiga Ketiganya pasien positif  Covid-19  tersebut, jelas Syakib   memiliki riwayat  penularan dari kluster  Kawe.  

  “Kalau  dua orang  yang positif  itu memiliki  riwayat   penularan  dari  tambang emas Kluster Kawe. Sementara  satu  saat ini masih  di dalami,’’ jelasnya. 

   Ketiga   tambahan pasien  Covid-19  ini, jelas dia  masih   berada di Boven Digoel  dan  akan segera  dirapatkan apakah  akan tetap dirawat di  Tanah Merah  bersama dengan  4  pasien Covid-19 lainnya  atau  dirujuk ke Merauke. “Besok baru bisa    diketahui setelah   melalui  rapat,’’ jelasnya.  

   Dengan    bertambahnya 3 pasien Covid   ini  maka jumlah  pasien  positif Covid-19 di  Kabupaten  Boven Digoel   sebanyak   17  orang. Sementara Kabupaten Merauke   hingga Jumat (12/6)  kemarin,  jumlahnya   positif sebanyak 16 orang dimana 15 diantaranya  sudah sembuh. Tapi ada kabar baik, bahwa   dari 4 pasien Covid rujukan  dari Boven Digoel  yang dirawat di  RSUD Merauke, 1 diantaranya   dinyatakan sembuh. Sehingga   total yang sembuh, kata  Syakib sebanyak  7  orang. 

   Sementara yang masih dalam  perawatan  sebanyak  10  orang, yakni  3   dirawat  di RSUD  Merauke dan  7   di RSUD Tanah Merah.Selain itu, jumlah ODP saat ini sebanyak 65 orang. Sementara   dari 2.245 orang yang  dirapid test,  109 diantaranya  yang reaktif.  dari 109 yang reaktif tersebut, 97 diantaranya   telah melalui pemeriksaan PCR  dengan  hasil 17  positif Corona.  (ulo/tri)