JAYAPURA- Total kasus positif kumulatif Covid 19 di Provinsi Papua telah mencapai 334 kasus. Berdasarkan data Satgas Covid 19 Provinsi Papua, Kamis (14/5) malam kemarin. 

Dari 334 kasus positif kumulatif tersebut, 247 pasien di antaranya sedang dirawat (74 persen), 80 pasien telah dinyatakan sembuh (24 persen), dan 7 pasien meninggal dunia (2 persen).

Dari data yang disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG (K), diketahui bahwa terdapat penambahan 7 kasus positif baru dari data di hari sebelumnya. Adapun tambahan 7 kasus positif baru ini berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 3 kasus, Kota Jayapura dengan 2 kasus, dan Kabupaten Nabire bertambah 2 kasus.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (OPD) mengalami penurunan angka sebanyak 105 orang, dari sebelumnya sebanyak 3.160 orang  menjadi 3.055 orang. Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mengalami peningkatan sebanyak 14 pasien. Yakni sebanyak 5 pasien di Kota Jayapura dan 9 pasien di Kabupaten Keerom.

Sementara itu, kabar baik dari penanganan Covid-19 di Provinsi Papua secara umum, yang mana bertambah lagi kasus sembuh. Kali ini bertambah sebanyak 2 kasus sembuh, yang mana masing-masing satu kasus sembuh berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Dengan adanya penambahan ini, jumlah kasus sembuh di Provinsi Papua hingga kini telah mencapai 80 kasus, atau 24 persen dari total kasus positif yang ada.

Berdasarkan rincian kasus di tingkat daerah di Papua, Kabupaten Mimika masih menjadi daerah dengan jumlah kasus positif terbanyak, yakni 118 kasus positif, di mana 98 pasien dirawat, 17 pasien sembuh, 3 pasien meninggal dunia, 1476 ODP, dan 134 PDP.

Disusul Kota Jayapura dengan 79 kasus positif, di mana 52 pasien di antaranya sedang dirawat, 24 pasien telah dinyatakan sembuh, 3 pasien meninggal dunia, 558 ODP, dan 72 PDP. Adapun Kabupaten Jayapura duduk satu peringkat di bawahnya dengan 49 kasus positif, 32 pasien yang dirawat, 16 pasien sembuh, 1 pasien meninggal dunia, 85 ODP, dan 18 PDP.

Sementara untuk daerah dengan jumlah kasus paling sedikit adalah Kabupaten Supiori, Kabupaten Boven Digoel, dan Mamberamo Tengah. Untuk Kabupaten Supiori terdapat 2 kasus positif, yang mana kedua pasiennya saat ini masih mendapatkan perawatan dari tenaga medis. Adapula sebanyak 2 ODP di Supiori.

Kemudian, Kabupaten Boven Digoel memiliki 3 kasus positif, namun 1 pasien telah dinyatakan sembuh, sehingga kini menyisakan 2 pasien yang masih dalam perawatan. ODP di Boven Digoel sebanyak 62 orang. Untuk Kabupaten Mamberamo Tengah, terdapat 2 kasus positif. Kedua pasien ini telah dinyatakan sembuh dari Covid-19, sehingga kini tak ada lagi kasus positif di Kabupaten Mamberamo Tengah. (gr/nat)