Tim Kesehatan kabupaten Jayapura saat melakukan pemeriksaan swab tenggorokan terhadap salah satu warga di Kabupaten Jayapura, Kamis (18/6). ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Setelah beberapa hari belakangan ini tidak ada penambahan kasus positif  Covid-19 di Kabupaten Jayapura, namun data Kamis (18/6), kasus positif Covid-19  bertambah 24 pasien.

“Hari ini ada penambahan 24 pasien positif Covid-19 dan ada 2 orang pasien yang dinyatakan sembuh,” kata juru bicara tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie dalam releasenya yang diterima media ini, Kamis (18/6).

Dia mengatakan, penambahan 24 kasus positif baru di Kabupaten Jayapura itu berasal dari hasil pelacakan kontak erat antara pasien positif dengan keluarga yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, kemudian tambahan tersebut juga disumbang dari Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang selama ini sudah menjalankan isolasi mandiri dan isolasi terpusat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari. 

Dia menyebutkan, tambahan 24 kasus baru positif ini berasal dari daerah Dosai sebanyak 2 kasus, Kelurahan Dobonsolo empat kasus, 11 kasus di Hinekombe, empat kasus di Doyo Baru, Kampung Bambar 1 kasus  dan  Depapre dua kasus.

Untuk itu, sebagai pemerintah, pihaknya tidak pernah bosan menyampaikan kepada masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk memperhatikan penerapan alat pelindung diri seperti menggunakan masker dan jaga jarak serta tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yang mendesak. 

Jumlah kasus positif Covid-19 ini akan terus bertambah jika masyarakat tidak mau bekerjasama untuk menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Apalagi saat ini, pemerintah sudah menerapkan perpanjangan kegiatan masyarakat sampai pukul 17.00 WIT. Jika dalam kegiatan masyarakat mengabaikan protokol kesehatan bukan tidak mungkin jumlah penambahan kasus positif baru ini akan terus bertambah. (roy/tho)