JAYAPURA-Penambahan kasus positif Corona atau Covid-19 masih terjadi di Provinsi Papua, Rabu (27/5). Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG (K)., menyebutkan, hingga kemarin terdapat penambahan 12 kasus positif Covid-19.

Penambahan tersebut menurut dr. Silwanus Sumule berasal dari Kota Jayapura sebanyak 7 kasus, Kabupaten Mimika 4 kasus, dan Kabupaten Jayapura sebanyak 1 kasus.

Selain penambahan kasus positif, juga terdapat penambahan empat pasien yang dinyatakan sembuh. Empat pasien sembuh ini berasal dari Kabupaten Keerom yang dirawat di RS Dian Harapan dan RS Marthen Indey Jayapura.

“Dengan penambahan kasus sembuh, tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua, memberikan penghargaan kepada seluruh petugas kesehatan yang bertugas. Baik di RS Dian Harapan maupun di RS Marthen Indey, termasuk petugas diagnostic dan tenaga pendukung lainnya yang telah memberikan kontribusinya dalam kesembuhan para pasien tersebut,” ungjkap dr. Silwanus Sumule, kemarin. 

Selain itu, ODP juga bertambah 52 orang yaitu dari Kota Jayapura sebanyak 27 orang, Mimika sebanyak 15 orang, Kabupaten Jayapura sebanyak enam orang, Jayawijaya dengan dua orang, serta Asmat dan Pegunungan Bintang masing-masing satu orang. 

Sedangkan untuk PDP juga bertambah 39 pasien yaitu dari Kabupaten Jayapura 32 pasien, Kabupaten Biak Numfor 2 pasien, Kota Jayapura 4 pasien, dan Yahukimo 1 pasien.

“Dengan demikian, jumlah kasus positif kumulatif telah mencapai 652 kasus. Dimana 458 pasien dirawat, 183 pasien sembuh, 11 pasien meninggal dunia, 2679 ODP, 796 PDP, dan 4864 sampel yang telah dilakukan pemeriksaan dengan metode PCR,” tambahnya. 

Ditambahkan, kabar duka juga dilaporkan kemarin. Dimana satu orang PDP yang meninggal dunia di RS Dian Harapan. “Hasil rapid test-nya reaktif, namun kita masih menunggu untuk dilakukan pemeriksaan PCR oleh Tim UP2KP dan Tim URC Polresta Jayapur Kota,” pungkasnya. (gr/nat)