Peresmian Base Transciever Station (BTS) Palapa Ring di Jayawijaya beberapa waktu lalu, namun hingga kini belum bisa dimaksimalkan mendukung jaringan internet di Jayawijaya. ( FOTO: Denny/ Cepos )

WAMENA-Meski fasilitas Palapa Ring Timur sudah diresmikan beberapa waktu lalu, namun hingga saat ini fasilitas tersebut belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat di pegunungan, termasuk di Jayawijaya. Hal ini membuat Pemkab Jayawijaya terpaksa menyurat ke Kementerian Kominfo untuk mempertanyakan masalah yang sudah banyak dikeluhkan masyarakat. 

  Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya Drs. Tinggal Wusono, MAP mengatakan pemerintah berharap ada tanggapan terhadap surat yang disampaikan terkait keluhan warga soal jaringan internet yang ada di Jayawijaya. Sebab fasilitas Palapa Ring Timur ini masih belum bisa dinikmati oleh masyarakat dengan baik.

  “Kami sudah berusaha menyurat kepada Kementerian Kominfo. Palapa Ring memang sudah diluncurkan, tetapi secara infrastruktur itu belum semuanya tuntas, sehingga masih banyak bagian-bagian yang kita belum bisa menikmati fasilitas itu,” ungkapnya Jumat (28/5) kemarin.

   Selain masalah fasilitas Palapa Ring Timur yang belum dimanfaatkan, pemerintah juga mengingatkan Kementerian Kominfo atas komitmen mereka untuk menambah bandwith kepada Jayawijaya. Sebab,  sampai saat ini apa yang dijanjikan belum bisa direalisasikan untuk Kabupaten Jayawijaya.

  “Sebab peningkatan kapasitas jaringan yang ada itu untuk pelayanan di daerah belum terwujud dan masyarakat belum menikmati fasilitas tersebut,” kata Tinggal Wusono

  Pemkab Jayawijaya juga mengharapkan pihak Telkom memberikan informasi terkait perkembangan akses internet yang selama sebulan belum baik. Karena harus diakui kebutuhan internet saat ini sudah seperti kebutuhan pokok seperti Air dan Listrik untuk mendukung aktifitas masyarakat.

  “Kami berharap ada penjelasan dari Telkomsel tentang kabar dari perbaikan yang dilakukan, karena sampai saat ini belum bisa melakukan akses dan menghambat pekerjaan pemerintahan juga,”tutur Plt Sekda Jayawijaya 

  Saat ini Pemerintah hanya bisa mengharapkan segera dilakukan perbaikan gangguan layanan internet. Sebab, masyarakat dan pemerintah tergentung dengan layanan itu   untuk mendukung aktifitas pekerjaan sehari –hari. “Sesuai penjelasan mereka (Telkom) pada awal bulan ini, diharapkan sudah tuntas, kami tunggu bersama dan kami tentu akan mengecek kepada pihak Telkom,” tutupnya. (jo/tri)