Kombes Pol AM Kamal (Foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA-Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal menyampaikan, Kepolisian dalam hal ini Polda Papua beserta Polres jajaran tidak melakukan pengamanan khusus khusus menjelang kembalinya empat terpidana kasus demo rusuh di Jayapura, Sabtu (22/8) hari ini.

Kepolisian menurut Kamal, hanya melakukan pembatasan kegiatan yang akan dilakukan oleh kelompok masyarakat yang akan melakukan penjemputan. Hal ini mengingat ada korban lain akibat dari perbuatan yang bersangkutan.

“Yang sudah menjalani masa hukuman di Kalimantan Timur dan akan kembali ke Jayapura, jangan euforia berlebihan. Masih ada korban lain akibat kerusuhan setahun lalu di Jayapura dan beberapa daerah lainnya,” ucap Kamal kepada wartawan, Jumat (21/8).

Kamal juga menyampaikan tak ada pengamanan khusus dengan kedatangan para terpidana yang sudah menyelesaikan masa pidananya di Lapas Balikapapan. Termasuk tidak ada penempatan khusus di lapangan. Pihaknya akan melihat perkembangan dan situasi yang terjadi di lapangan nantinya.

“Yang pasti kita siap mengamankan Kota dan Kabupaten Jayapura. Karena itu sudah menjadi tugas kami. Kami akan melakukan kegiatan rutin kepolisian dengan patroli rutin,” jelasnya.
Dirinya mengimbau warga Jayapura untuk tetap beraktivitas seperti biasa dan sama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing.(fia/nat)