DEKAI-Untuk pertama kalinya, pada tahun ajaran 2020/2021 ini,   sekolah SMP di Kabupaten Yahukimo tidak melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS), khususnya di SMP Negeri 1 Dekai. Menurut  Ketua Panitia Pendaftaran Siswa Baru SMP Negeri I Dekai, pihaknya tidak  melaksanakan MOS tahun 2020 ini akibat adanya pandemi Covid-19.

Para orang tua saat mendaftarkan anaknya di SMP Negeri I Dekai. Tahun ini, kegiatan MOS bagi siswa baru ditiadakan. ( FOTO: Diskominfo for Cepos)

   “SMP Negeri 1 Dekai tidak melaksanakan masa orientasi siswa atau MOS untuk tahun 2020 karena ada pandemic Covid-19,”ungkap Yan Pahabol, SPd saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (22/6) lalu.

  Menurut Yan Pahabol,    sebenarnya pendaftaran penerimaan siswa baru (PSB) atau peserta didik baru dilakukan pada beberapa bulan lalu, namun akibat pandemi covid 19 membuat seluruh aktifitas pendidikan tidak berjalan. Karena itu, penerimaan  baru di lakukan pada pertengahan bulan Juni ini, dengan memberi ruang bagi peserta didik baru untuk menyiapkan segala persyaratan yang harus dipenuhi di sekolah. Dimana secara resmi penerimaan baru dibuka selama empat hari,  mulai 22-25 Juni 2020, dan selanjutnya melakukan tes.

Yan Pahabol 

  “Untuk tahun 2020 ini tidak akan melakukan masa orientasi siswa atau yang biasa dikenal dengan istilah MOS, karena pandemi corona virus disease 2019, covid 19 yang sampai saat ini belum kunjung selesai,”tandasnya.

  Oleh sebab itu,  peserta didik baru hanya melakukan pengambilan formulir dan pendaftaran ulang saja dan tidak melakukan kegiatan MOS. Ditambahkan Yan, menyangkut adminitrasi untuk pendaftaran beserta didik baru diberikan kemudahan. (Diskominfo Yahukimo)