PON 2021 Papua

Venue Arena Sepatu Roda yang berada di kawasan Buper Waena, Jayapura, Minggu (27/12). (FOTO: Anggoro for Cepos)

JAYAPURA – Penghujung tahun 2020, Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR telah merampungkan empat venue dalam memberikan dukungan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dan Peparnas XVI di tanah Papua.

Venue tersebut ialah, Aquatic, Istora, Cricket dan Hockey. Tapi di tahun 2021, pemerintah pusat masih menyisahkan tugas penting dalam mendukung event olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Di tahun 2021, Kementrian PUPR masih akan menyelesaikan 3 venue, yakni Arena Dayung, Arena Sepatu Roda dan venue Panahan. Selain itu, Kementrian PUPR juga bertanggung jawab menyelesaikan penataan kawan yang berada di Kampung Harapan dan Doyo Baru.

Kepala satuan kerja pelaksanaan prasarana permukiman wilayah II Prov Papua, Anggoro Putro, ST, MSc, mengatakan, bahwa ketiga venue tersebut akan rampung sesuai target pada bulan April tahun 2021.

“Tahun 2021 belum ada pekerjaan yang baru, kami hanya fokus menyelesaikan kelanjutan pekerjaan kemarin, penataan kawasan kampung harapan dan doyo baru plus penuntasan 3 venue. Semuanya akan selesai di bulan April,” ungkap Anggoro kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (27/12).

Kata Anggoro, pihaknya terus konsisten menyelesaikan tugas mereka mereka di tengah pandemi Covid-19. Terbukti, empat venue di atas, Aquatic, Istora, Cricket dan Hockey selesai sesuai kontrak kerja.

Begitupun dengan progres venue Arena Sepatu Roda, Arena Dayung dan Panahan ditargetkan tuntas sesuai kontrak.

Anggoro juga membeberkan, bahkan di bulan Desember, mereka tidak meliburkan pekerjaan mereka. “Libur hanya saat Natal, tapi tanggal 26 sudah kerja walaupun tidak maksimal,” pungkasnya. (eri/gin).