GOR Cenderawasih salah satu venue yang telah direnovasi. GOR Cenderawasih akan menjadi venue pertandingan cabang olahraga Tinju pada PON XX 2021 mendatang, Selasa (22/12). PON 2021 Ppaua. (Foto:Erik / Cepos)

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua benar-benar konsisten menyambut hajatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dan Peparnas XVI 2021. Dari sisi penyiapan venue, hingga penghujung tahun 2020, pemerintah Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda telah merampungkan 12 venue.

Dari 12 venue tersebut, 9 diantaranya dibangun baru dan 3 diantaranya bersifat renovasi. 9 venue yang dibangun baru diantaranya, Stadion Lukas Enembe, Lapangan Tenis Walikota, GOR GIDI, Menembak Indoor/Outdoor, Baseball/Softball (Auri/Uncen), Voli dan GOR Futsal Mimika.

Sementara 3 venue yang bersifat renovasi adalah venue GOR Cenderawasih, GOR Waringin (APBD Kota Jayapura melalui dana bantuan Provinsi) dan GOR Trikora Uncen.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Alexander Kapisa mengatakan bahwa 12 venue tersebut telah rampung. Bahkan 9 venue yang dibangun baru telah diresmikan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama Wakilnya, Klemen Tinal pada bulan Oktober lalu.

“Puji Tuhan dengan amanah dan tanggungjawab yang diberikan kepada kami di Dinas Olahraga dan Pemuda, khususnya dalam persiapan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 yang saat ini menjadi tanggungjawab kami adalah pembangunan dan renovasi atas 12 venue yang menjadi tanggungjawab Pemprov Papua melalui Disorda telah selesai,” ungkap Alex sapaan akrabnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (22/12).

Kata Alex, selain masih menyisahkan venue Rugby di tahun 2021, dirinya juga membeberkan bahwa kedepan Disorda Papua akan fokus pafa sisi perwatan dan pemelirahaan venue-venue yang telah rampung.

“Saat ini kami dari Disorda itu fokus kami adalah pada sisi perawatan dan pemeliharaan, mulai dari penyiapan kelembagaan, regulasi sampai dukungan penganggaran terhadap pemelihara dan perawatan venue-venue tersebut,” pungkasnya.

Selain 12 venue yang dibangun melalui APBD provinsi Papua, 4 venue yang bersumber dari APBN melalui Kementrian PUPR seperti venue Aquatic, Istora, Cricket dan Hockey Indoor/Outdoor telah tampung.

Di tahun 2021, Kementrian PUPR masih menyisahkan 3 pembangunan venue, yakni Arena Sepatu Roda, Panahan dan Arena Dayung. Ketiga venue tersebut ditargetkan rampung pada bulan April tahun 2021. (eri/gin).