AKBP Gustav R Urbinas ( FOTO: Elfira/Cepos)

*6 dari 14 tahanan yang Kabur Telah Ditangkap

JAYAPURA- Total sebanyak 6 dari 14 tahanan  kabur dari ruang tahanan Mapolresta Jayapura Kota pada Selasa (17/11) dini hari telah ditangkap. Keenam orang tahanan ini ditangkap di sekitaran Jayapura.

 Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas mengatakan, untuk delapan tahanan lainnya sedang dilakukan pencarian untuk mempertanggung jawabkan proses hukum yang harus dijalaninya.

 “Pada intinya kita sudah menyampaikan secara persuasif kepada pihak keluarga atau kerabat bahwa mereka ini  harus bertanggung jawab, jangan menghindar dari hukum,” ucap Gustav pada Selasa (24/11).

 Kapolresta menegaskan, jika sikap yang diambil para tahanan kabur tidak kooperatif. Pihaknya akan melakukan upaya paksa penangkapan yang disesuaikan denga situasi lapangan. “Jika tidak kooperatif maka kita harus cari dan tangkap kembali dalam kondisi apapun,” tegas Kapolresta.

 Dikatakan, delapan tahanan lainnya masih dilakukan pengejaran termasuk tetap antisipasi jalan keluar para tahanan kabur dari Jayapura. “Kepada warga yang melihat atau pihak keluarga yang mengetahui keberadaan para tahanan, untuk mengiformasikan kepada kantor polisi terdekat atau melalui aplikasi Noken Polresta Jayapura Kota,” pintanya.

 Sebelumnya, 14 tahanan yang kabur tersebut terjadi sekira pukul 02.15 WIT pekan lalu. Para tahanan kabur dengan cara membobol dinding kaca lantai dua ruang tahanan Mapolresta di atas tangga menuju ruang staf Kapolresta. Kemudian para tahanan keluar melalui pintu penjagaan.

 Adapun tahanan yang kabur yakni tahanan jaksa sebanyak 6 orang, tahanan Reskrim 3 orang, tahanan Narkoba 3 orang dan tahanan Lapas 1 orang. (fia/wen)