Staf KPU Yalimo saat menjemput logistik PSU Distrik Welarek dan Apalapsili di Bandara Cargo Wamena, Senin (19/4) kemarin. ( FOTO: Denny/Cepos)

WAMENA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yalimo memastikan jika logistik pemungutan suara ulang (PSU) khususnya untuk surat suara sudah tiba di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Senin (14/4). Logistik lainnya dipastikan akan datang pada minggu terakhir bulan April. 

Ketua KPU Yalimo, Yehemia Walianggen yang dikonfirmasi mengakui kalau surat suara untuk pelaksanaan PSU di Distrik Welarek dan Apalapsili, 5 Mei nanti, sudah tiba di Wamena. Kedatangan surat suara ini menurut Yehemia Walianggen, didahulukan karena masih haris dilakukan pelipatan terlebih dahulu. 

Dikatakan, logistik lainnya akan menyusul dalam waktu dekat ini. “Untuk surat suara yang datang hari ini (kemarin, red) sebanyak 15 koli di bandara Cargo Wamena. Kami sementara tunggu lagi yang lain seperti formulir, kotak, tinta dan lain-lain yang menyangkut dengan pelaksanaan PSU bulan depan,” jelasnya, Senin (19/4) kemarin.

Dengan tibanya logistik ini, KPU Yalimo berencana untuk membukanya di Wamena dengan mengundang Bawaslu Yalimo dan Polres Yalimo untuk menjadi saksi. Yehemia Walianggen memastikan, logistik lainnya akhir bulan ini semuanya sudah masuk di Wamena untuk didistribusikan.

“Kita mengejar waktu sesuai dengan tahapan yang dilakukan. Karena bulan Mei itu sudah masuk dalam pelaksanaan PSU. Untuk itu, surat suara kita dahulukan, sebab nanti akan dilakukan pelipatan. Sementara untuk bilik dan lain-lian, tinggal didistribusikan sehingga bisa disusulkan. Akhir bulan ini sudah harus ada,” tegasnya.

Ia juga menyatakan untuk logistik yang datang ini sama dengan yang kemarin. Dimana nantinya akan dilengkapi dengan berbagai logistik kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti masker, handsanitaizer, disinfektan, sarung tangan dan faceglass. Hal ini menurut Yehemia Walianggen, sudah menjadi aturan KPU dalam melaksanakan Pilkada pada masa pandemi Covid -19.

Yehemia Walianggen menambahkan, KPU Yalimo sampai saat ini sudah melaksanakan evaluasi terhadap PPD  dan sudah dilakukan penetapan. Rencananya besok akan dilakukan pelantikan di Elelim ibukota Kabupaten Yalimo. Setelah itu, akan diberikan bimtek kepada PPD yang ditetapkan khususnya untuk putusan Mahkamah Konstitusi untuk pelaksanaan PSU. (jo/nat)