MERAUKE-Sampai  Selasa (20/10) kemarin, sudah tercatat  4 anggota Bhayangkari Polres Merauke yang  terkonfirmasi positif Covid.  Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Merauke  dr. Ramadani, kepada wartawan di  Merauke mengungkapkan bahwa dari 4 ibu bhayangkari Polres  Merauke  yang  terkonfirmasi positif Corona tersebut  1 diantaranya berada di Jayapura sedangkan 3  lainnya sedang menjalani karantina dan perawatan di RSUD Merauke.

    Sementara anggota keluarganya yang juga terpapar Covid-19 sebanyak 3 orang dari 2 keluarga sehingga  total  yang terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 7 orang. Jika ditambah dengan 2 personel Polres Merauke yang positif, maka totalnya sebanyak 9 orang.  Ramadani menjelaskan pihaknya telah melakukan tracing dan mencari seluruh anggota keluarga maupun  ibu  Bhayangkari yang kontak erat dengan  pasien terkonfirmasi Corona tersebut.

  “Kontak erat disini   dimaksud adalah pernah  bertemu  bertatap muka dengan jarak 1 meter atau kurang dari 1 meter, salah satunya tidak menggunakan masker atau dua-duanya tidak menggunakan masker. Selama 15 menit bersetuntuhan tangan atau cika cipi. Itu termasuk kontak erat,” jelasnya.

    Untuk kontak erat ini, lanjut Ramadani, pihaknya   sudah melakukan swab semuanya  dan hasilnya negatif.   Meski  begitu,  karantina mandiri  harus tetap dilakukan  selama kurang lebih 10 hari. ‘’Jika selama karantina mandiri  itu  ada    gejala yang muncul maka wajib melapor kepada kami,” terangnya.

  Dokkes Ramadani menyebut,  jumlah yang karantina mandiri ini  lebih dari 20 orang.    Sekadar diketahui,  satu anggota  Polres Merauke  yang pertama terpapar Corona dari istrinya yang datang  dari Jayapura. Kemudian  dari anggota tersebut, kemudian terjangkit  ke satu anggotanya. Kemudian    anggota  yang terpapar tersebut kemudian  menyebar  ke keluarganya. (ulo/tri)