Nevile R. Muskita 

MERAUKE- Plt  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita  menegaskan bahwa setiap pelaku perjalanan terutama pesawat udara  tetap  melakukan rapid antigen atau PCR  tergantung daerah yang dituju. 

  “Bagi yang ingin melakukan perjalanan  keluar Merauke, terutama menggunakan pesawat udara  tetap wajib  melakukan rapid antigen,’’ tandas Nevil Muskita kepada Cenderawasih Pos belum lama ini.

   Hal ini disampaikan Nevile Muskita terkait informasi  bahwa setelah vaksin kedua kalinya,  tidak perlu  lagi  melakukan rapid antigen atau PCR  bagi  yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan penerbangan.  Tapi cukup menunjukan  sertifikat atau notifikasi yang diberikan dari Kementerian Kesehatan jika  sudah menjalani vaksin  kedua kali. 

   Nevile menjelaskan  bahwa hal tersebut baru bersifat wacana dan sampai sekarang ini  aturan terkait dengan hal tersebut belum ada. “Belum ada aturan atau edaran  terkait dengan hal tersebut, sehingga tetap melakukan rapid antigen atau PCR jika melakukan perjalanan. Tapi namanya kebijakan, selalu  berubah. Mungkin ke depan kalau semua  warga Indonesia sudah divaksin bisa diberlakukan seperti itu. Tapi sampai sekarang belum ada aturannya. Tetap  rapid antigen atau rapid test kalau mau naik  pesawat ataupun kapal laut,” pungkasnya. (ulo/tri)