dr. Ary Pongtiku, MHM., ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Ary Pongtiku, MHM., menyebutkan bahwa setelah pemerintah pusat mendistribusikan vaksin ke Provinsi Papua, kini vaksin-vaksin tersebut telah didistribusikan lagi ke tingkat kabupaten/kota, tepatnya di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Jayapura, mengingat fokus awal pelaksanaan di bulan Januari adalah ibukota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi.

 “Artinya dari dropping pertama yang diterima di tingkat provinsi, (vaksin) sudah dikirim untuk Kota Jayapura, Mimika dan Kabupaten Jayapura,” jelas dr. Ary Pongtiku, MHM., Rabu (13/1) kemarin.

 Lebih jauh perihal vaksinasi secara menyeluruh, khususnya di Provinsi Papua, dr. Pongtiku menjelaskan bahwa vaksinasi dilakukan secara bertahap hingga April mendatang, lalu dilanjutkan lagi pada tahap berikutnya sampai Maret 2022.

 “Launching akan dilaksanakan pada 15 Januari (Jumat) di RSUD Jayapura. Ini prosesnya tidak sekaligus, melainkan secara bertahap hingga April, kemudian di tahap berikutnya lagi sampai Maret 2022. Jadi diharapkan di Papua ini bisa menerima vaksin melalui proses yang berjalan hingga 2022 mendatang,” pungkasnya. (gr/ary)