Pemakaman salah satu jenazah pasien  yang terpapar Covid-19, Jumat (30/10). ( FOTO: Dok gugus tugas)

SENTANI-Sebanyak 17 pasien yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Jayapura dinyatakan meninggal dunia.

“Sampai saat ini, jumlah pasien kita yang sempat dirawat akibat Covid-19 dan akhirnya meninggal dunia 17 orang. Hari ini ada 1 pasien meninggal dunia karena Covid-19,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie dalam release yang diterima media ini, Jumat (30/10).

Menurutnya, pasien yang meninggal dunia ini tetap dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan pada lokasi pemakaman umum yang dikhususkan untuk pasien Covid-19.

“Untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 ini tetap kita menerapkan protokol kesehatan. Di mana tempat pemakamannya dilaksanakan di tempat khusus sesuai dengan aturan protokol kesehatan,”ujarnya.

Lanjut dia, sampai saat ini, jumlah pasien Covid-19 yang terkonfirmasi positif sebanyak 599 orang. Dari data tersebut, 454 orang atau sebanyak 76% dari jumlah kasus secara kumulatif sudah dinyatakan sembuh, sementara 128 orang atau 21% sedang dirawat.

Khusus untuk pasien yang saat ini sedang menjalani perawatan, ada yang diisolasi di rumah sakit dan ada juga yang diisolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Untuk menentukan seorang pasien diisolasi di rumah sakit maupun secara mandiri di rumah, tentunya berdasarkan keterangan pihak medis dan disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien.

“Misalnya ketika ada pasien yang menunjukkan gejala Covid-19 dan memiliki riwayat penyakit kronis tentunya akan diarahkan untuk ditangani dengan isolasi di rumah sakit,”paparnya. Sementara pasien yang tanpa ada gejala, namun berdasarkan hasil pemeriksaan dinyatakan positif tetap diarahkan untuk diisolasi secara mandiri di rumah di bawah pemantauan dan pengawasan tenaga medis.(roy/tho)