Penjualan ikan di Pasar Ikan Hamadi, Jumat (20/3) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA – Terkait dengan musim ikan kecil dan faktor cuaca yang cukup kondusif mengakibatkan harga ikan di pasaran turun drastis. Begitu juga dengan udang, sontong dan cumi.

 Ahmad salah seorang penjual ikan di Pasar Hamadi mengatakan, harga ikan saat ini murah. Seperti anakan kembung dan mumar 1 tumpuk Rp 20 ribu untuk ikan anakan kembung dan anakan ikan mumar. Dua jenis ikan tersebut paling banyak di pasaran saat ini.

 “Hal ini dikarenakan masih musim ikan mumar dan kembung. Sedangkan untuk ikan ekor kuning kecil Rp 30 ribu/ekor, sedang Rp 100 ribu/ ekor dan besar Rp 250 ribu/ekor.  Untuk ikan cakalang Rp 70 ribu/ekor,” jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Jumat (30/3).

 Menurutnya, dengam musim ikan saat ini konsumen cukup ramai dan ikan kecil paling banyak diminati. Sudah lebih dari 2 minggu musim ikan kecil melimpah di pasaran.

 Rudi penjual udang di Pasar Ikan Hamadi mengatakan, saat ini bukan hanya ikan saja yang murah, harga udang juga turun drastis yang biasanya mencapai Rp 100 ribu per kg, saat ini dijual Rp 50 ribu/tumpuk atau Rp 70 ribu/kg.

 “Untuk pembelian dalam jumlah banyak kami juga berikan harga khusus.  Untuk sontong kami jual Rp 50 ribu/tumpuk – Rp 100 ribu/ tumpuk, sedangkan cumi kecil Rp 30 ribu/tumpuk,” jelasnya.  (ana/ary)