JAYAPURA –Kabar gembira bagi masyarakat penggemar makan ikan karena   harga ikan saat ini bisa dipastikan murah meriah. Stok ikan juga banyak tersedia di Pasar Ikan Hamadi, khusus untuk ikan ekor kuning.

Aktivitas jual beli di Pasar Ikan Hamadi, Senin (20/7) kemarin. Saat ini stok ikan melimpah sehingga dijual murah, khususnya untuk ikan ekor kuning. (FOTO: Yohana/Cepos)

Seorang penjual ikan di Pasar Ikan Hamadi, Iksan menjelaskan,  harga ikan turun drastis, bukan hanya untuk ikan besar, tapi juga ikan kecil juga harganya turun.

“Saat ini harga ikan ekor kuning Rp 50 ribu- Rp 60 ribu/ekor jika harga normal ukuran segini kami jual dengan harga Rp 100 ribu/ekor, namun dikarenakan cuaca bagus, stok ikan banyak, sehingga kami jual dengan harga yang sedikit murah mengingat saat ini banyak pedagang ikan yang berjualan ikan di luar pasar semenjak kasus Covid-19 ditemukan di Pasar Hamadi, sehingga aktivitas di sini agak sepi,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Senin (20/7) kemarin.

Lanjutnya, saat ini permintaan ikan masih sepi dan untuk menarik minat konsumen pihaknya harus memberikan penawaran menarik.  Sep[erti halnya ikan kecil seperti deho Rp 30 ribu/tumpuk, ikan mumar Rp 50 ribu/tumpuk, ikan karang atau ikan batu Rp 30 ribu/tumpuk dan masih banyak jells ikan lainnya.

Sementara itu Ahmad penjual lainnya di Pasar Ikan Hamadi menjelaskan,  saat ini pihaknya lebih banyak mengandalkan pelanggan seperti warung-warung makan, penjual nasi kuning yang juga mulai kembali jualan.

“Untuk konsumen umum, memang masih ada yang mencari ikan di Pasar Ikan Hamadi, tapi tidak seramai sebelum adanya kasus Covid-19 di Hamadi,” terangnya.

Ditambahkan, ikan yang dijualnya untuk ikan ekor kuning Rp 60 ribu/ekor, ikan kembung Rp 50 ribu/tumpuk, cumi Rp 50 ribu/tumpuk dan ikan puri Rp 15 ribu/tumpuk. (ana/ary)