Pemain SSB Kenambai Umbai yang keluar sebagai juara Piala Menpora U-14 seri Provinsi Papua setelah mengalahkan SSB Batik di partai final dengan skor 1-0 di lapangan sepak bola Berg En Dal Argapura, Selasa (9/7) kemarin. ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA- Untuk ketiga kalinya, SSB Kenambai Umbai keluar sebagi juara pada Piala Menpora U-14 seri provinsi. Kali ini perwakilan Kabupaten Jayapura itu mengalahkan perwakilan Kota Jayapura SSB Batik dengan skor 1-0 pada partai final yang berlangsung di lapangan sepak bola Berg En Dal Argapura, Selasa (9/7) kemarin.

Gelar juara juga menjadi tiket SSB Kenambai Umbai untuk mewakili Papua menuju Seri Nasional yang akan digulir pada 25-30 Agustus 2019 di Kota Solo, Jawa Tengah. Anak-anak Sentani ini akan berhadapan dengan tim-tim juara masing-masing provinsi di Indonesia.

Ketua panitia, Fison Meraudje mengatakan, kejuaran Piala Menpora U-14 seri Provinsi yang berlangsung selama empat hari kemarin diikuti sebanyak 7 daerah di Tanah Papua.

“SSB Kenambai Umbai perwakilan Kabupaten Jayapura, SSB Batik  Kota Jayapura, SSB Boda Keerom, SSB Tunas Baliem Jayawijaya, SSB Supiori, SSB Lanal FC Mimika, SSB Mutiara Bakau Waropen dan SSB Sapta Marga Kepulauan Yapen,” ungkap Fison kepada Cenderawasih Pos saat ditemui usai pertandingan.

Fison yang juga merupakan perwakilan Asprov PSSI Papua itu menuturkan, SSB Kenambai Umbai yang sukses meraih gelar juara tiga kali secara berturut-turut berhak seutuhnya atas piala bergilir.

“Sesuai dengan aturan, tim yang meraih gelar juara secara tiga kali berturut-turut maka akan memiliki piala bergilir itu secara utuh. Jadi pada kompetisi berikutnya, kami akan mencari piala yang baru lagi,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan Fison, selain SSB Kenambai Umbai yang mewakili Papua pada seri nasional. Pihaknya juga sudah melihat 16 pemain yang akan diserahkan kepada Asprov PSSI Papua untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U-15.

“Kami sudah melihat pemain-pemain terbaik sejak babak penyisihan hingga final. Dan ada 16 pemain yang kita pilih,” jelasnya.

Greg Yoku, Manajer SSB Kenambai Umbai menambahkan, bahwa mereka akan segera berbena untuk menatap seri nasional. Selalu tampil pada seri nasional dan hanya selalu finis pada urutan tiga membuat SSB Kenambai Umbai mengusung target juara pada tahun ini.

Bahkan untuk mewujudkan target tersebut, ia akan melakukan mantapkan skuad dengan merekrut beberapa pemain dari tim-tim lainnya yang dinilai dapat menutupi kekurangan mereka.

“Kami akan lebih fokus pada permainan dari kaki ke kaki, karena selama ini kami hanya mengandalkan fisik, sementara tim diluar mengandalkan sentuhan bola. Kami akan coba merubah gaya bermain kami ini dengan sentuhan bola pendek dari kaki ke kaki,” jelasnya.

Sekadar diketahui, untuk juara 3 pada Piala Menpora U-14 seri provinsi dimenangkan oleh SSB Lanal FC Mimika disusul oleh SSB Boda Keerom di urutan empat. (eri/tho)