Pelatih kepala Softball dan Baseball Papua, Ulysses Meija saat memberikan arahan kepada para atletnya usai melakukan latihan di lapangan Baseball dan Baseball Otonom Papua, beberapa pekan lalu. (FOTO: Erik / Cepos)

PON 2021 Papua

JAYAPURA – Pandemi Covid-19 berdampak kepada semua aktivitas, termasuk atlet yang sedang menjalani TC jelang pelaksanaan PON XX 2021. Tapi justru dengan adanya pandemi Covid-19 menjadi hikmah bagi cabang olahraga Softball dan Baseball Papua.

Pasalnya, dengan adanya virus corona, membuat beberapa daerah menerapkan PSBB, dengan menutup akses bandara. Hal itu yang membuat sang pelatih kepala Softball dan Baseball Papua, Ulysses Meija terperangkap di tanah Papua.

Sebelumnya, Ulysses Meija kadang memberikan latihan dalam sebulan dengan durasi 2 minggu. Kemudian kembali ke negara asalnya dan kembali ke Papua dalam 2 minggu berikutnya karena izin visa.

“Virus Corona tidak ada yang menginginkan, tapi selama corona ini memberikan keuntungan bagi kami, sehingga pelatih asal Filipina ini tidak balik-balik ke negaranya. Dan saya melihat selama hampir 3 bulan, perkembangan atlet sangat luar biasa,” ungkap Wakil Ketua Perbasasi Papua Bidang Softball, Ayub Woisiri kepada Cenderawasih Pos, Rabu (3/6).

Bila cabang olahraga lain menurunkan intensitas latihan di tengah Pandemi Covid-19, berbeda dengan Softball dan Baseball Papua yang justru tetap intens melakukan TC.

“Tidak ada pengurangan intensitas latihan, kita tetap latihan seperti biasanya dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Meski menguntungkan untuk Papua, tapi akan berdampak pada Softball Filipina. Pasalnya Ulysses Meija merupakan pelatih timnas Softball Filipina serta pelatih khusus Pitcher Cina.

“Ini juga harus dimanfaatkan dengan baik oleh para asisten atlet yang notabene adalah anak-anak putra Papua, mereka harus mengambil ilmu dari pelatih, sehingga kedepan bila pelatih itu pergi, ilmu itu bisa diterapkan kepada atlet,” harapnya.

Ayun pun optimis, Softball putra/putri serta Baseball Papua mampu menorehkan prestasi gemilang di PON XX 2021.

“Dengan program latihan seperti ini menjadi peluang besar bagi kita,” tandasnya. (eri/gin).