Atlet Softball Putri Papua saat mengikuti turnamen Partha Cup Anniversary 2019 silam di Yogyakarta.  ( FOTO: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Sebanyak 14 atlet Softball PON Papua menjajal Turnamen Softball Gorgeous Cup XVIII Bandung yang akan berlangsung sejak 22 hingga 29 Februari 2020 di lapangan Softball Lodaya, Bandung, Jawa Barat.

Ketua Pengrov Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Papua, Jan Jap Ormuseray menjelaskan, bahwa atletnya dipimpin langsung oleh sang pelatih kepala asal Filipina, Ulysses Mejia. 

“Hari (red,kamis) ini tim Softball putri PON Papua berangkat ke Bandung untuk mengikuti kompetisi, tim dipimpin langsung oleh pelatih kepala Ulysses Mejia dan manajer tim Ayub Woisiri yang juga merupakan Wakil Ketua bidang Softball. Jumlah atlet yang berangkat 14 atlet,” ungkap Ormuseray kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Jayapura, Kamis (20/2) sore kemarin. 

Dijelaskan Ormuseray, kompetisi tersebut sebagai ajang evaluasi timnya selama menjalani TC di Kota Jayapura jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang. 

“Ini ajang untuk melihat sejauh mana persiapan dari tim Softball dalam rangka memasuki pelaksanaan PON nanti di Papua,” ujar pria yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua itu. 

Dari kompetisi ini, Ormuseray berharap timnya kembali mampu membawa pulang trophy juara ke Bumi Cenderawasih. Mengingat Softball Papua menjadi andalan kontingen Papua dalam mendulang medali emas pada PON nantinya. 

Diketahui, Softball Putri Papua pada tahun 2019 silam menunjukan prestasi gemilang, dengan mengawinkan dua gelar bergengsi. Medali emas Pra PON Softball 2019 dan medali emas Partha Cup Yogyakarta 2019.

Ormuseray juga membeberkan mengenai perkembangan timnya saat ini. Menurutnya, timnya terus menunjukan progres yang sangat baik. Apalagi timnya saat ini langsung ditukangi langsung oleh sang pelatih kepala asal Filipina itu. 

“Dari laporan pelatih kepala, bahwa perkembangan dari tim softball putri dan putra, terus menunjukan perkembangan. Dan harapan kita nanti di PON tim Softball putri dan putra serta tim baseball bisa meraih medali emas,” harapannya.

Ditambahkan, pelaksanaan PON juga akan menjadi momentum kebangkitan olahraga Softball, terutama cabang olahraga Baseball di tanah Papua. 

“Paling tidak momentum pelaksanaan PON di Papua ini sebagai era kebangkitan olahraga Baseball di Papua dan tidak menutup kemungkinan jika tuhan berkehendak kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada PON,” tandanya. (eri/gin).