JAYAPURA-Persipura tahun ini dipastikan akan tampil pada AFC Cup 2021. Tim berjuluk Mutuara Hitam itu akan memulai kiprahnya dari babak play off yang digulirkan pada akhir Mei nanti.

Di babak play off, Persipura akan menghadapi pemenang Lalenok United (Timor Leste) dan Visakha (Kamboja). Bila Persipura sukses meraih kemenangan, tentu akan mendapatkan satu tiket di grup H, mendampingi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion Citys (Singapura), Saigon FC (Vietnam).

Meski sudah dipastikan tampil pada AFC Cup tahun ini, tapi Persipura hingga kini masih adem dan belum menentukan skuad yang akan digunakan untuk mengarungi kompetisi Asia kasta kedua itu.

Manajemen Persipura masih menghentikan seluruh aktivitas klub. Bahkan manajemen Persipura telah membarikan lampu hijau kepada pemainnya untuk mencari klub baru.

Hal itu dilakukan manajemen Persipura akibat krisis finansial yang dialami oleh klub berbintang empat itu. Bukan berarti Persipura akan menyerah, diketahui, beberapa hari lalu manajemen Persipura telah melayangkan proposal sponsorship kepada PT Freeport agar mendampingi Persipura di AFC Cup.

Sayangnya, tambang raksasa emas milik Amerika Serikat itu belum memberikan sinyal soal dukunganya kepada Persipura Jayapura.

Bahkan pelatih Jacksen F. Tiago (JFT) tak ingin berbicara banyak soal peluang Persipura di pentas AFC Cup. Apalagi saat ini aktivitas skuad Mutiara Hitam tak berjalan seperti biasanya, setelah manajemen klub membekukan seluruh aktivitas klub sementara waktu.

“Tim dibubarkan, saya tidak punya kompetensi untuk komentar apapun,” ungkap Jackasen F. Tiago kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (31/1).

Jacksen hanya berharap, manajemen Persipura segera mendapatkan suntikan dana, agar Persipura bisa kembali melakukan persiapan untuk AFC Cup dan Liga 1 2021.

Sebelumnya, Sekretaris Manajemen Persipura Jayapura, Rocky Bebena juga membenarkan, bila saat ini aktivitas klub masih dihentikan.

“Soal perkembangan Persipura menuju AFC, kita sementara masih istirahatkan tim. Lampu hijau dari sponsor belum ada, PT Freeport juga belum, masih menunggu,”pungkasnya. (eri/tho)