Wali Kota Jayapura Dr.Benhur Tomi Mano, MM.bersama Kepala Balai Bahasa Papua, Kadis P&K Kota Jayapura Dr.Fachrudin Pasolo, M.Si,  dan Kepala SMPN 1 Jayapura Purnama Sinaga bersama para juara lainnya saat foto bersama usai menerima piagam penghargaan dan juara di aula Sian Soor  Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (17/8)lalu. (FOTO: Abdul Majid For Cepos)

JAYAPURA-Balai Bahasa Provinsi Papua mengadakan kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Negara bagi SMP di Provinsi Papua Tahun 2020.

 Kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Negara (PWBN)  bagi SMP di Provinsi Papua Tahun 2020 ini sebagai juara I diraih SMP N 1 Jayapura, karena berhasil menjadi 1 pemenang PWBN SMP Negeri Se-Provinsi Papua, dan penyerahan hadiah dilakukan usai kegiatan upacara bendera merah putih momen HUT RI Tingkat Kota Jayapura. Penyerahan hadiah berlangsung di aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura. Senin (17/8)lalu.

 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Dr.Fachrudin Pasolo, M.Si, mengungkapkan, sangat bersyukur dan berterima kasih karena SMPN 1 Jayapura berhasil menjadi juara I dan berhak mewakili Papua dalam lomba tingkat nasional, dimana 5 nominasi berhak ke tingkat nasional akan melakukan pemberkasan dokumen paling akhir 21 Agustus untuk dikirimke Balai Bahasa Kemdikbud Jakarta dan juara 1 SMPN 1 Jayapura.

 Dijelaskan, kegiatan Penghargaan Wajah Bahasa Negara bagi SMP di Provinsi Papua Tahun 2020 ini merupakan upaya untuk menertibkan penggunaan bahasa yang ada di ruang publik dengan pengutamaan penggunaan bahasa negara, sehingga diharapkan bahasa Indonesia semakin bermartabat (menjadi tuan rumah di negeri sendiri), bukan bahasa asing yang “didewakan” di negara kita tercinta ini. Tujuan lainnya adalah meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa Indonesia dan mendapatkan kawasan tertib berbahasa sebagai contoh kawasan untuk pembelajaran bahasa.

 Sehingga, dalam penggunaan bahasa di ruang publik merupakan cerminan sikap atas kompetensi penggunanya. Oleh karena itu, diperlukan sikap positif, yaitu sikap tertib berbahasa, agar penggunaan bahasa di ruang publik sesuai dengan ketentuan hukum dan kaidah kebahasaan.    Untuk itu, pemerintah perlu menciptakan ketertiban berbahasa dengan mengendalikan bahasa asing guna menguatkan bahasa negara di ruang publik. 

 Di tempat sama, Kepala SMPN 1 Jayapura Purnama Sinaga bersyukur SMPN 1 Jayapura berhasil menjadi juara 1 dan berhak mengikuti lomba tingkat nasional. Ia berharap dalam tampil di tingkat nasional akan mempersiapkan dengan baik dan terus belajar untuk mewakili Papua khususnya Kota Jayapura.  (dil/wen)