Personel Polres Jayapura bersihkan materi pasir yang tutupi badan jalan di Jembatan Kali Ular, Kampung Bambar, Waibu Kabupaten Jayapura, Senin (22/2).

JAYAPURA- Polres Jayapura kerahkan personel bersihkan materi pasir yang menutupi badan jalan di Jembatan Kali Ular, Kampung Bambar, Waibu Kabupaten Jayapura, Senin (22/2).

 Respon cepat personel Polres Jayapura melalui patroli regu cipta kondisi III ini dipimpin oleh AKP S. Lakburlawal, menyikapi cuaca ekstrim atau hujan deras beberapa hari terakhir, dengan membersihkan material pasir maupun lumpur yang menutupi badan jalan menggunakan alat seadanya di bantu masyarakat sekitar. Salah satunya terjadi di Jembatan Kali Ular, Kampung Bambar, Distrik Waibu, Sentani Barat, Kabupaten Jayapura.

 Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor Dean Mackbon mengatakan, menyikapi cuaca yang ekstrim hujan deras beberapa hari terakhir, pihaknya terus memantau dengan memaksimalkan patroli – patroli di wilayah Sentani maupun Kabupaten Jayapura secara keseluruhan.

 “Kami sudah perintahkan agar anggota lebih meningkatkan patroli, memantau wilayahnya masing – masing, mengantisipasi dampak – dampak yang akan terjadi akibat cuaca ekstrim/hujan deras beberapa hari terakhir. Hal ini dimaksudkan agar anggota sigap dan langsung terjun ke lapangan,  sehingga bisa melayani masyarakat yang terdampak,” terangnya.

 Lanjutnya, untuk wilayah Sentani ada beberapa titik genangan air maupun material pasir atau lumpur yang menutupi badan jalan. Ssalah satunya di Kali Ular Kampung Bambar. Berbekal alat seadanya seperti skop, anggota dibantu masyarakat sekitar membersihkan material tersebut, dikarenakan hal ini dapat juga membahayakan para pengguna jalan.

 ”Dengan adanya curah hujan yang cukup tinggi akhir – akhir ini di wilayah Kabupaten Jayapura, saya menghimbau agar warga lebih bermawas diri, karena dimungkinkan dan berpotensi terjadinya bencana alam baik longsor maupun banjir,”tandasnya.(fia/ary)