Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw SE.MSI didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Jayapura ketika melakukan Sidak di sejumlah kantor, Senin 4/1 kemarin. ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE,M.Si melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Senin (4/1). Sidak itu dilakukan untuk memastikan tingkat kehadiran seluruh kepala dinas dan pegawai di masing-masing OPD setelah libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Kami lakukan Sidak untuk memastikan kehadiran dari semua kepala dinas dan pegawai yang ada di lingkungan Pemkab Jayapura,” kata Bupati Mathius Awoitauw ketika dikonfirmasi wartawan usai melakukan kegiatan Sidak di Kantor Bupati Jayapura, Senin, (4/1) kemarin.

Dia mengatakan, dari Sidak tersebut, Kantor Dinas Pariwisata yang ditemukan sepi pegawai alias tidak masuk kantor setelah liburan panjang Natal dan Tahun Baru.

“Dari sekian banyak kantor, Dinas Pariwisata yang paling sepi,” katanya.

Ketika ditanya Cenderawasih Pos mengenai ada tidaknya penerapan sanksi terhadap kepala dinas maupun staf atau pegawai yang tidak hadir pada ada hari perdana masuk kantor setelah liburan itu, menurut orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu, mengenai sanksi akan dibicarakan secara internal dengan sejumlah pejabat terkait yang ada di lingkungan Pemkab Jayapura.

“Sebentar kami akan rapat untuk bicarakan itu dengan Sekda,” ungkapnya.

Pantauan media ini, Sidak dilakukan oleh Bupati Jayapura terhadap seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemkab Jayapura. Bupati Jayapura yang didampingi oleh Sekda dan sejumlah asisten melakukan Sidak dengan mendatangi satu persatu  kantor dinas yang ada. Pada kesempatan itu, Bupati Mathius juga sempat berdialog dan mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru kepada staf dan pegawai serta kepala dinas yang sudah hadir di hari pertama masuk kantor pasca liburan itu. Dia sempat menanyakan keberadaan pegawai dan staf atau kepala dinas yang tidak masuk ke kantor.

Sidak ini dilakukan untuk memastikan seluruh pegawai untuk disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas  dan tanggung jawab yang sudah diberikan oleh negara. (roy/tho)