Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika mendapat penjelasan dari Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangko Opsau) III  Marsda TNI  Ir. Novyan Samyoga, MM tentang peran dan tugas Koopsau III, di Mako Koopsau III di Biak, Senin (24/8). ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd berharap kedepan ada sejumlah putra/i asli Biak yang berbakat atau berpotensi ikut disiapkan masuk dalam jajaran TNI AU. Dengan begitu, maka diharapkan ke depan ada anak-anak asli Biak Numfor yang menduduki jabatan penting d ijajaran TNI AU, khususnya lagi di sejumlah satuan TNI AU yang ada di Kabupaten Biak Numfor.

   “Pemerintah Biak Numfor tentu berharap, anak-anak Biak Numfor ikut disiapkan masuk di taruna akademi TNI AU (AAU), sehingga ke depan bisa juga menduduki jabatan dengan job perwira tinggi. Di Biak kan ada dua panglima di lingkungan satuan TNI AU, tentu menjadi harapan suatu saat bisa saja dijabat anak-anak Biak Numfor,” ujar Bupati saat silatuhrami ke Mako Koopsau III di Biak, Senin (24/8). 

   “Pada dasarnya kami berharap dengan keberadaan Koopsau III di Biak bisa membantu anak-anak-anak Biak yang memilikii potensi dipersiapkan melalui pembinaan sehingga nantinya bisa diterima menjadi anggota TNI AU, ya termasuk di jajaran TNI AD dan AL, serta Polri,” lanjutnya. 

   Dalam kegiatan silaturahmi itu, Bupati diterima langsung oleh Panglima Komando Operasi TNI AU (Pangko Opsau) III  Marsda TNI  Ir. Novyan Samyoga, MM dan jajarannya. Bupati memberi apresiasi kepada Pangko Opsau III yang menggelar acara silaturahmi dengan jajaran Forkopimda Plus di Mako Koopsau sekaligus memperkenalkan tentang tugas dan fungsi institusi yang dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat bintang dua itu. 

   Sementara itu Pangkoopsau Novyan Samyoga dalam pemaparannya di depan Bupati dan jajaran pejabat lainnya menjelaskan, bahwa Koopsau III sebagai salah satu komando operasi yang bertanggung jawab pada operasional pertahanan negara di udara. Koopsau memiliki 8 Lanud Jajaran dan 1 unit skadron, yakni Skadron Udara 27 (skadron ngkut sedang). 

   Koopsau sendiri, kata Pangkoopsau, memiliki wilayah kerja atau tanggung jawab terhadap penegakan kedaulatan wilayah udara di Indonesia bagian Timur diantaranya wilayah Biak Numfor, Sorong, Marauke dan Pulau Morotai, Ambon dan Kupang. 

  “Jadi silaturahmi bersama jajaran Forkopimda Biak Numfor tentu merupakan bagian dari perkenalan, karena kami sebagai warga baru di Biak dan keberadaan Koopsau III dengan fasilitas serta sarana yang ada bukan saja milik Koopsau III. Aset ini juga milik kita bersama di Biak Numfor dan milik seluruh warga Indonesia karena  ini adalah milik negara. Keberadaan Koopsau III tentu akan ikut memajukan Kabupaten Biak Numfor,” tutur Pangkoopsau III. (itb/tri)