Suasana pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan DPRD di ruang rapat Ketua DPRD Jayapura terkait penanganan Covid-19 di Distrik Airu, Rabu (10/6). ( FOTO: Robert Cepos)

SENTANI- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura telah menyiapkan sejumlah langkah strategis dan program terpadu untuk masyarakat yang tinggal di Distrik Airu, Kabupaten Jayapura selama pandemi Covid-19 ini.

“Sesuai dengan kebijakan bupati, karena Airu tempatnya relatif jauh sehingga ini sedang diformulasikan, kira-kira gerakan apa yang nanti akan turun ke Airu.  Antara biaya yang dikeluarkan dengan kegiatan yang akan dilakukan di sana itu bisa berimbang, dan nanti ada gerakan terpadu dalam rangka penanganan Covid-19,” kata Asisten 2 Setda Kabupaten Jayapura, Edi Susanto saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (10/6).

Dia mengatakan, gerakan terpadu yang dimaksudkan itu misalnya ada keterlibatan tim ekonomi melalui Dinas Pertanian dan beberapa OPD lainya  yang berkaitan langsung dengan upaya penanganan Covid-19 di wilayah itu. Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura juga berencana akan mendirikan tempat yang dapat menghidupkan perekonomian bagi masyarakat lokal yang ada di sana sehubungan dengan daerah itu sebagai salah satu daerah transit atau daerah persinggahan dari kota menuju daerah pedalaman Papua.

“Airu ini merupakan daerah persinggahan dari sopir-sopir yang melintasi jalur Trans Papua menuju pegunungan, sehingga pemerintah daerah juga berpikir untuk bagaimana keterlibatan masyarakat lokal di sana bisa memberikan dampak secara ekonomi, sehingga ada pemberdayaan secara ekonomi,” katanya.

Dia mengatakan, sesuai dengan laporan kepala distrik, untuk penyaluran bantuan ke wilayah itu memang sebagian besarnya sudah disiapkan mulai dari bantuan PKH, BPMT, BLT maupun Sembako dari Alokasi Dana Desa. Secara aturan memang tidak ada lagi tambahan bantuan dari tingkat kabupaten. Namun demikian, Pemkab sesuai dengan perintah dari Bupati Jayapura Mathius Awoitauw,  akan menyiapkan program khusus untuk masyarakat Distrik Airu. 

“Masyarakat di Distrik Airu tidak diabaikan, pemerintah sedang merencanakan  program khusus walaupun secara aturan mereka sudah menerima bantuan semuanya,” ujarnya.(roy/tho)