Persebaya Surabaya vs Persipura Jayapura

Venue : Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Live : Indosiar pukul 18.30 WIB

JAYAPURA – Shopee Liga 1 pekan ketiga akan menyajikan laga big match anatar tuan rumah Persebaya Surabaya dengan tamunya Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (13/3) sore ini pukul 20:30 WIT. 

Persipura mengusung misi penting dalam laga ini untuk bisa meraih tiga poin. Ini untuk membayar hasil minor yang diraih oleh tim Mutiara Hitam saat dibungkam Borneo FC 2-0 dilaga sebelumnya. 

Tapi Persebaya bukanlah lawan yang mudah ditaklukan oleh tim Mutiara Hitam. Dari dua pertemuan kedua tim di musim lalu, Persipura harus dua kali mengakui keunggulan tim berjuluk Bajul Ijo itu. 

Apalagi dalam laga ini, Persebaya tampil full tim. Mereka juga tampil didepan suporter panatiknya yang akan memenuhi isi stadion Gelora Bung Tomo. 

Namun sangat juru taktik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago optimis, dengan evaluasi dilaga sebelumnya timnya bisa meraih hasil yang baik dilaga ketiga ini. 

“Kita sudah berada di Surabaya sejak pasca pertandingan kita dengan Borneo. Kita sudah melakukan berbagai simulasi dalam latihan selama 4 hari. Semua berjalan dengan baik,” ungkap Jacksen dalam konfrensi persnya, di ruang media Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (12/3) siang kemarin. 

“Harapan besar, besok (hari ini, red) pemain dalam pertandingan berada dalam kondisi yang baik dan tidak ada kendala apapun,” sambungnya. 

Pelatih asal Brasil itu membeberkan bahwa mereka telah mengantongi kekuatan calon lawannya itu, sehingga timnya akan memanfaatkan celah yang ada pada tim Persebaya. 

“Yang pasti kita tahu nilai plus dari Persebaya, semoga besok semua yang kita rencanakan bisa berjalan dengan baik. Jika pemain bisa berada pada siklus yang baik saya kira kita bisa mendapatkan hasil yang baik. Yang jelas pemain kita harus terus berusaha untuk memanfaatkan cela yang ada di tim lawan,” ujar mantan striker Persebaya itu. 

Untuk makin memantapkan misi mereka, kata pelatih berusia 51 tahun itu, momen class room akan mereka manfaatkan dengan baik untuk mempelajari kekuatan tim lawan secara utuh. 

“Seperti biasa, sebelum pertandingan kita akan melihat rekaman pertandingan. Kita susun rencana, disitulah kita akan manfaatkan apa yang harus kita waspadai,” katanya. 

Jacksen juga tak khawatir dengan absennya dua bek murni mereka, Ricardo Salampessy dan Arthur Cunha. Ricardo masih mengikuti mengikuti kursus lisensi pelatih dan Arthur menjalani hukuman sanksi kartu merah. 

Jacksen mengaku masih memiliki beberapa pilihan di sektor tersebut. Jacksen bisa memplot Israel Wamiauw, Donny Monim, Bryan Fatari, Yosse Managasi dan Muhammad Tahir untuk mengisi posisi tersebut. 

 Jacksen juga memastikan akan menurunkan Marinus dalam laga malam nanti. “Soal sebagai starter atau pemain pengganti, lihat nanti,” kata pelatih asal Brasil itu. Bagi Marinus, itu akan jadi comeback-nya paska operasi cedera lutut kiri pada April lalu. “Kondisi Marinus sudah membaik. Dia sudah ikut berlatih secara intens,” kata Jacksen.  

Tapi, siapapun yang diturunkan, Jacksen berharap anak asuhnya bisa tampil maksimal. Apalagi, dia tahu kalau timnya selalu meraih hasil minor di Surabaya. Tapi, dia ogah menjadikan statistik tersebut sebagai acuan. Apalagi, dia menilai timnya saat ini sudah banyak perubahan ketimbang musim lalu. “Kami juga sudah melakukan simulasi dalam latihan. Semua berjalan baik dan kami siap menciptakan sejarah yang baru (menang di Surabaya),” tegas pelatih asal Brasil itu.  

Apaagi, Persipura sudah berlatih selama empat hari di Surabaya. Praktis, tidak ada alasam bagi pemain untuk mengeluhkan soal adaptasi. 

Sementara itu, gelandang Persipura asal Jepang, Takuya Matsunaga juga menegaskan bahwa timnya saat ini dalam kondisi yang baik untuk bisa mendulang tiga poin dalam laga tersebut. 

“Semua tim dalam kondisi yang bagus, semua pemain dalam kondisi yang baik. Setelah pertandingan di Borneo, kami saat ini dengan motivasi yang bagus dan semoga dalam pertandingan dapat hasil yang baik dari Persebaya,” tandasnya. 

Takuya Matsunaga menilai latihan yang dilakukan selama di Surabaya sangat efektif. “Kami sudah berlatih dengan sangat baik. Kami termotivasi untuk menang,” katanya. Bermain di hadapan Bonek juga tidak jadi masalah. “Saya malah senang main dengan banyak penonton,” celetuk Takuya.  

Diketahui, saat ini Persipura menempati peringkat peringkat 7 dengan koleksi 3 poin dari dua pertandingan. Sementara Persebaya Surabaya menempati peringkat 16 dengan 1 poin dari hasil imbang saat bersua Persik Kediri. 

Sementara itu, Green Force -julukan Persebaya- enggan terpeleset kala melakoni laga kandang kedua menjamu Persipura Jayapura (live Indosiar pukul 18.30 WIB).  

Kemenangan menjadi target mutlak yang harus diraih. Untungnya, kans meraih tiga angka cukup terbuka. Sebab, Persipura punya catatan buruk ketika bermain di GBT. Sejak musim 2018, sudah dua kali Mutiara Hitam -julukan Persipura- bermain di GBT. Hasilnya, merek atak pernah menang. Menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang. Bahkan, dalam pertemuan pemungkas di Tenggarong musim lalu, Persebaya mampu menang tipis 1-0.

Pelatih Persebaya Aji Santoso berharap catatan apik itu berlanjut nanti malam. “Anak-anak punya keinginan kuat untuk mengulangi kemenangan musim lalu,” kata pelatih 49 tahun tersebut. Meksi begitu, Aji tetap meminta anak asuhnya waspada. 

“Apalagi saya tidak pernah menjadikan hasil laga terakhir sebagai patokan. Lagipula, materi pemain Persipura kan beda dengan musim lalu,” tambah bapak lima anak tersebut.  

Peluang meneguhkan dominasi kian terbuka. Sebab,  Persipura tidak dapat tampil full team. Mereka tanpa bek Arthur Cunha yang absen akibat akumulasi. Posisinya kemungkinan akan diisi Israel Wamiau. Nah, celah itu yang akan coba dimanfaatkan oleh David da Silva untuk menembus pertahanan Persipura. Apalagi, selama dua pekan terakhir, Aji terus mengasah finishing pemain depannya. “Anak-anak sudah berlatih sangat bagus dalam latihan tiga hari terakhir. Semoga itu bisa diterapkan dalam laga besok (malam ini),” kata Aji.  

Motivasi tim tamu juga diwaspadai Aji. Apalagi, menurutnya, Persipura dihuni banyak pemain berkualitas dan sarat pengalaman seperti Boaz Solossa. Belum lagi ada Jacksen merupakan legenda Persebaya. Karena itu, Aji yakin tidak akan mudah untuk meraih kemenangan atas Mutiara Hitam. “Perlu perjuangan keras untuk menang. Tapi saya yakin peluang untuk menang tetap terbuka lebar,” jelas mantan pelatih PSIM Jogjakarta tersebut.

Hanya, dalam laga malam nanti, Aji dipastikan bakal melakukan rotasi. Bek muda Rizky Ridho dipastikan bakal tampil sebagai starter. 

Di laga perdana kontra Persik (29/3), pemain 20 tahun itu hanya duduk manis di bench. Praktis, laga malam nanti akan jadi debutnya di Liga 1. “Saya sudah siap untuk menjalankan instruksi dari pelatih. Semoga besok (hari ini) kamis bisa mendapat tiga poin,” kata Rizky. (eri/nat/gus/JPG)