Pelatih Kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.( FOTO: Erik / Cepos)

Persipura Jayapura

JAYAPURA – Skuat Persipura Jayapura di musim kompetisi Liga 1 2020 lebih banyak dihuni pemain-pemain talenta muda. Dari 30 kuota pemain Persipura saat ini, 50 persen merupakan pemain yang berusia 25 tahun kebawah. Bahkan musim ini Persipura hanya memiliki tujuh pemain yang telah berkepala tiga.

Tentu melihat usia pemain Persipura saat ini, diyakini sangat mampu berbicara banyak pada kompetisi tanah air tahun ini. Apalagi musim ini manajemen Persipura telah mematok target juara.

Sang pelatih kepala, Jacksen F. Tiago mengatakan, bahwa ia telah memiliki strategi jitu untuk membuat para pemain muda bisa langsung moncer bersama sang kapten Boaz Solossa.

“Paling penting kami berusaha mengawali kompetisi dengan baik. Itu akan membuat pemain muda dan semua merasa nyaman. Efek selanjutnya, mereka bisa mengeluarkan kemampuan yang dimiliki,” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Selasa (4/2).

Pelatih asal Brasil itu juga membeberkan, bahwa peran pemain seniornya, seperti Boaz Solossa, Ian Kabes, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy dan pemain senior lainnya masih menjadi andalan timnya musim ini. Menurut pelatih berbadan gumpal itu, pemain yang tergolong senior masih menjadi peran penting dalam rencananya musim ini.

“Mereka tetap penting di tim karena sebagai penyeimbang dan membimbing pemain muda. Jadi nantinya berkolaborasi. Apalagi, mereka sudah lama di tim dengan banyak pengalaman,” ujar mantan pelatih Barito Putera itu.

Sebelum pemusatan latihan di Kota Batu, Malang, Persipura sempat melakukan seleksi di Jayapura. Selain mendapatkan 3 pemain yang kini mengikuti latihan bersama tim senior, Jacksen juga menjelaskan bahwa ada 9 pemain hasil seleksi berhasil lolos masuk dalam akademi Persipura U-20 dan U-18.

“Kami melakukan seleksi kurang lebih empat hari. Ada tiga pemain yang sekarang ikut pemusatan latihan tim senior di Batu. Usianya masih 19-20 tahun. Namun kami masih melihat potensi mereka dalam tim, jika memiliki level yang sama, akan menjadi bagian tim senior musim ini, namun jika tidak, akan bergabung bersama tim usai dini,” jelasnya.

“Tapi selain itu, ada sembilan pemain lain hasil seleksi. Tapi, mereka untuk tim Persipura U-20 dan akan main dalam kompetisi. Nantinya, jika putaran kedua tim butuh tenaga mereka, tentu bisa langsung diambil ke tim senior. Jadi, kami sudah memikirkan rencana untuk mereka ke depan,” tandasnya. (eri/gin).