Suasana Musyawarah Adat  I Biak   di Aula SMAN I Merauke yang   memilih Sergius Womsiwor  sebagai Ketua Adat Biak di  Merauke periode 2020-2025, Sabtu (11/7) ( FOTO: Sulo/Cepos )

MERAUKE- Kendati namanya tidak masuk dalam  bursa   calon  Ketua Adat  Biak di Merauke  periode 2020-2025 mendatang, namun  Sergius  Womsiwor  dipilih  mayoritas  warga  Biak  yang ada di Merauke sebagai  Ketua Adat  Biak pada pemilihan   yang  dihelat sehari di  Aula  SMAN I Merauke, Sabtu   (11/7). Sementara   untuk  pemuda   terpilih  Abraham Koibur.  

   Sergius Womsiwor  dipilih  sebagai Ketua  Adat Biak di Merauke  karena dinilai  sosok yang tepat  untuk memangku jabatan  tersebut.  Ketua   Panitia Musyawarah Adat  I Ikatan Keluarga Biak Sami Rumpaidus, SH, mengungkapkan   bahwa pemilihan ini   dilakukan setelah   kepengurusan  dari IKKB  sejak tahun 2014 dalam keadaan vakum atau kosong. 

  “Sejak   2014  lalu tidak  ada lagi pemilihan pengurus   terutama   untuk  IKKB  atau ketua  Adat Biak di Merauke,’’ kata  Sami  Rumpaidus ditemui media ini disela-sela pemilihan  tersebut.    

   Menurut  Sami, yang juga menjabat sebagai  Kepala Seksi Tindak Pidana   Khusus  (Tipikor) Kejaksaan Negeri Merauke, selain  pemilihan ketua, ajang ini juga untuk mempertemukan seluruh   keluarga  Biak  yang ada di Merauke untuk  menjalin  silaturahmi  antara satu  dengan lainnya.(ulo/tri)