Atlet Sepatu Roda Papua saat menaiki podium pengalungan medali emas di OASIS Center Arena Mall AEON JGC, Cakung Jakarta, Jumat (12/7) ( FOTO : Jeffry For Cepos)

JAYAPURA-Kontingen cabang olahraga Sepatu Roda Papua kembali menorehkan prestasi gemilang yakni keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Nasional Indonesia Short Track Ice Skating yang berlangsung di OASIS Center Arena Mall AEON Jakarta, Jumat (12/7).

Dalam Kejurnas kali ini, tim Persatuan Olahraga Sepatu Roda (Perserosi) Papua berhasil menyabet medali emas sebanyak 9 medali, perak 6 dan perunggu sebanyak 11 medali, dengan jumlah totoal perolehan medali Perserosi Papua sebanyak 26 medali dan mengantarkan mereka sebagi juara umum.

26 medali tersebut dirah oleh 11 atlet-atlet TC PON XX, yang terdiri dari atlet putra ada Jeremiah Wihardja, Kharisma Yudistira, Daffa Pratama, Laksmendra, Bagas Adiluhung. Sementara atlet putri ada Dhinda, Deitalianis Stegrian, Ajeng Krisna, Shafa Ayumi Firstariana, Ghea Ivana dan Sherina.

Medali emas Perserosi Papua lahir diraih oleh Jeremiah Wihardja dengan 3 emas pada nomor Senior A Man, Dhinda dengan 3 Emas pada nomor Junior B Ladies, Deitalianis Stegrian dengan 3 Emas dinomor Senior.

Ketua Harian Perserosi Papua, Jeffry Abel mengatakan, Kejurnas ini sebagai evaluasi persiapan atletnya selama mengikuti TC berjalan.

“Event ini dipilih sebagai ajang penyegaran bagi atlet-atlet kami selama mengikuti TC berjalan, dan kita bersyukur hasilnya sangat memuaskan dengan keluar sebagai juara umum,” ungkap Jeffri kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Sabtu (13/7).

Ia menuturkan, empat atletnya juga akan dipersiapkan menuju Sea Games 2019 di Manila, Filipina pada bulan November mendatang.

“Diantara 11 atlit tersebut, ada 4 atlit kita yang akan menjalani pemusatan latihan nasional Ice Skating untuk menuju Sea Games. Kami meminta doa masyarakat Papua semoga bisa mengibarkan mengharumkan nama Indonesia, dan juga mengharumkan Provinsi Papua tentunya,” ujarnya.

Selain itu, ia berharap KONI Papua segera melakukan TC terpusat untuk cabang Sepatu Roda. Pasalnya, menurut Jeffry, atletnya saat ini sudah sangat siap untuk mengikuti program tersebut.

“Kami berharap KONI Papua lewat puslatprov bisa melakukan program TC terpusat bagi atlet-atlet kita yang kini sangat siap memasuki penampungan atlet menuju PON XX 2020 di Tanah Papua,” tandasnya. (eri/tho)