JAYAPURA – Drawing Cabor Sepakbola Putra dan Putri PON Papua telah selesai dilakukan. Khusus untuk sepakbola putra, Papua berada di grup A bersama Maluku Utara , Jawa Barat dan NTT. Dan untuk sepakbola putri, di grup A bersama Jawa Barat dan Papua Barat.

Cabang olahraga Sepakbola Putra akan dibagi dalam tiga grup, sementara sepakbola putri hanya dibagi dalam dua grup dan masing-masing grup hanya dihuni 3 tim. Wakil Ketua Asprov PSSI Papua, Rocky Bebena mengatakan, khusus putra, masih-masing juara dan runner up grup akan lolos ke babak 6 besar.

“Setelah itu nanti di 6 besar ada pembagian lagi dua grup. Juara grup A, runner-up grup B, dan juara grup C itu nanti di grup D. Kemudian runner-up grup A, juara grup B, dan runner-up grup C itu di grup E. Kemudian nanti setelah itu, peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup akan masuk ke semi final,” ungkap Rocky Bebena kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di Hotel Sunni Hotel Abepura, Kamis (2/9).

“Nanti babak penyisihan grup itu ada di tiga lapangan, Stadion Mandala, Mahacandra dan Barnabas Youwe. Babak 6 besar kita akan menggunakan dua stadion, yaitu Stadion Mandala dan Stadion Barnabas Youwe. Setelah itu masuk ke semifinal juga sama. Final peringkat 3 dan 4 juga di Barnabas Youwe, dan final 1 dan 2 di Stadion Mandala. Itu untuk putra,” ujarnya.

Sementara untuk cabang olahraga sepakbola putri, seluruh pertandingan akan digelar di Merauke. Karena hanya dua grup, kata Rocky, babak semi final akan mempertemukan juara grup A dengan runner up B begitupun dengan sebaliknya.

“Yang menjadi kendala di Sepakbola putri itu karena di jadwal waktu itu Stadion Katalpal kan ada lampu, namun sampai saat ini lampu itu belum terpasang. Dan diperkirakan kita harus merubah jadwal pertandingan yang harusnya sore dan malam ini kita harus rapat lagi, mungkin kita ubah ke pagi dan sore karena mengantisipasi lampu,” ucap Rocky.

Sementara untuk cabang olahraga Futsal, Rocky menyebutkan dalam waktu dekat mereka juga akan melakukan drawing. Futsal sendiri akan dipertandingkan di cluster Mimika dan akan diikuti oleh 12 tim.

“Kami baru menyurat lagi ke PB PON XX Papua untuk drawing futsal. Mudah-mudahan sudah ada jawaban besok atau lusa. Kebetulan besok itu Technical Delegate Futsal ada di Timika sekaligus melihat kesiapan field of play-nya futsal. Setelah itu kalau bisa kita minta drawing-nya hari Sabtu, supaya kita bisa cepat adaptasi dengan jadwal,” pungkasnya. (eri).