Ibu Gubernur Cup 2021

JAYAPURA – Sepakbola Putri PON Papua menjadi kampiun dalam turnamen Ibu Gubernur Cup 2021. Di babak final, Sepakbola PON Papua sukses mengalahkan Sepakbola Putri Persitoli Tolikara dengan skor 1-0 di Stadion Mahacandra Uncen, Kota Jayapura, Sabtu (20/6).

Sementara juara ketiga diraih oleh Persidafon FC, dan juara empat ditempati oleh tim Mapodadi. Masing-masing juara mendapatkan piala tetap, serta uang pembinaan.

Ketua Panitia, Anis Kogoya mengatakan, bahwa partai final cukup memberikan tontonan yang menarik. Dimana tim Sepakbola Tolikara cukup memberikan tekanan bagi tim Sepakbola PON Papua.

“Saya selaku ketua panitia, hasilnya cukup memuaskan, adik-adik dari PON Papua luar biasa dan Persitoli juga tampil luar biasa yang bisa memberikan tekanan bagi tim PON,” ungkap Anis Kogoya kepada Cenderawasih Pos saat ditemui usai pertandingan.

“Kami memberikan apresiasi kepada semua tim, termasuk dua tim di partai final yang tampil menghibur dengan membuktikan permainan masing-masing tim,” sambungnya.

Anis juga melayangkan apresiasi kepada KONI Papua yang sudah mendukung suksesnya turnamen Ibu Gubernur Cup I 2021. Bahkan kata Anis, mereka kembali akan menggulir turnamen yang sama di tahun depan dengan melibatkan seluruh tim di 29 Kabupaten/kota di Papua.

“Dan kami minta dukungan kepada Pemerintah Papua dan KONI Papua untuk bisa terus mendukung kami dalam mengembangkan Sepakbola Putri di Papua,” ujar Anis yang juga merupakan Asisten Pelatih Sepakbola PON Papua itu.

Anis juga menambahkan, bahwa akhir pekan depan, Sepakbola PON Papua akan melakukan ujicoba dengan pemain-pemain terbaik dalam turnamen Ibu Gubernur Cup I.

“Sabtu depan, Seakbola PON akan ujicoba lagi di Stadion Mandala Jayapura dengan pemain terbaik dari 8 tim, kami akan ambil pemain-pemain terbaik di masing-masing posisi agar menjadi satu tim untuk menjajal tim Sepakbola PON Papua,” pungkas Anis.

Sementara itu, legenda hidup Persipura Jayapura, Benny Jensenem menuturkan, masih banyak ‘PR’ yang harus dibenahi oleh tim Sepakbola PON Papua, termasuk fisik pemain yang dinilai belum mampu menghadapi intensitas pertandingan 2×45 menit.

“Saya perhatikan fisik pemain harus ditingkatkan lagi. Karena sangat terlihat jelas pada pertengahan babak kedua menuju waktu bubar, pemain-pemain PON terlihat sangat lelah dan sering tumbang. Berbeda tim lawan yang tidak latihan rutin justru tetap konsisten hingga akhir pertandingan. Saya pikir ini harus menjadi catatan penting bagi tim pelatih,” ujar Benny.

Selain kondisi fisik, Benny juga menyoroti organisasi permainan tim PON Papua yang dinilai belum begitu padu, khususnya transisi dari lini tengah ke lini depan.

“Pertahan sudah cukup baik, saya hanya melihat ketika bola dialirkan dari lini tengah ke lini depan sering mendapati jalan buntu. Sepertinya masih ada jarak antara lini tengah dan depan. Harus lebih solid lagi,” pungkas Benny.

Sekedar diketahui, Ibu Gubernur Cup I 2021 diikuti 8 tim diantaranya, Sepakbola PON Papua, Persidafon FC, Persitoli Tolikara FC, Mapodadi FC, Uncen FC, Nafri FC, Persikimo dan Mamberamo FC. (eri/gin).