Personel Pos Kantor Pencarian dan pertolongan Boven Digoel saat bergabung dengan Polres Boven Digoel dan masyarakat untuk melakukan pencarian seorang penumpang loang boat yang jatuh hilang di Sungai Digoel, Senin (11/1), kemarin. ( FOTO: Humas Pencarian dan Pertolongan Merauke for Cepos)

MERAUKE- Seorang penumpang  long boat di Kabupaten Boven Digoel dilaporkan terjatuh dan hilang di Sungai Digoel,  Senin (11/1) sekira pukul 08.30 WIT. Lokasi jatuh,  sekitar 4,5 kilometer dari Pos Pencarian dan Pertolongan di Boven Digoel di Tanah Merah. 

  Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke Darmawan, dalam rilis tertulisnya diterima media ini mengungkapkan bahwa,  laporan hilangnya seorang penumpang tersebut diterima Pos Pencarian dan Pertolongan Boven Digoel sekitar pukul 12.15 WIT. 

  “Sebenarnya,  kejadiannya sekitar pukul  08.30 WIT, namun  mereka ingin mencari secara mandiri dulu. Tapi karena  tak kunjung menemukan, baru melaporkan dan meminta pertolongan ke  Pos kita yang ada di Boven Digoel,” katanya. 

   Penumpang  bernama Ibrahim Adnan Kamal (31)  tersebut bersama dengan 4 orang lainnya menggunakan long boat dengan tujuan Kampung Kawe, Boven Digoel. Namun sekitar pukul 08.30 WIT, long boat mengalami kecelakaan  di lokasi sejarak 4.2 km ke arah barat laut dari Pos Boven Digoel. Saat itu, Ibrahim Adnan Kamal terjatuh dari atas long boat dan hingga kini belum ditemukan

  “Berdasarkan penuturan saksi mata, yakni rekan dari korban yang berada di long boat yang sama, kejadian itu terjadi saat air di Sungai Digoel tengah pasang. Korban pindah duduk ke atas drum minyak biar tidak kena percikan air dari bawah karena air lagi pasang. Tidak tahu bagaimana korban terjatuh ke sungai,” ungkap Darmawan menirukan penuturan salah satu teman korban yang datang melaporkan kejadian itu. 

   Saat jatuh itu, long boat langsung berhenti dan putar balik mencari korban, namun tidak ketemu. Menurut Darmawan, pelapor Eko juga melaporkan bahwa longboat tersebut bermuatan bahan bakar minyak (BBM) dalam kemasan beberapa drum dan hendak dibawa menuju ke Kampung Kawe. 

   Dengan laporan itu, jelasnya, Pos Kantor Pencarian   dan Pertolongan Boven Digoel menurunkan 3 personel menuju ke lokasi kejadian mempergunakan perahu karet 40 PK untuk menyisir sekitar lokasi kejadian. Personel  akan bergabung dengan personel Polsek Boven Digoel dan masyarakat sekitar untuk melakukan operasi pencarian. (ulo/tri)