JAYAPURA-Jenazah Senat Soll yang merupakan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Yahukimo dimakamkan di Jayapura, Selasa (28/9).

Senat Soll dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Bhayangkara Minggu (26/9) sekira pukul 22;50 WIT setelah 24 hari mendapatkan perawatan medis.

Kapolres Yahukimo, AKBP. Deni Herdiana menyampaikan, terkait dengan meninggalnya Senat Soll, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan keluarga korban yang ada di Kabupaten Yahukimo.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan keluarga dan mereka sudah menerima kematian Senat Soll. Hingga saat ini tidak ada gangguan,” ucap Kapolres Deni Herdiana saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Selasa (28/9).

Lanjut Kapolres, lima orang perwakilan dari pihak keluarga dari Yahukimo telah turun ke Jayapura untuk menghadiri pemakaman Senat Soll. Di antaranya adalah kepala suku Yahukimo. “Ada perwakilan keluarga dan kepala suku yang ke Jayapura untuk menghadiri pemakaman,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas di wilayah Yahukimo. TNI-Polri rutin melakukan patroli serta melakukan kunjungan dan silaturahmi ke para tokoh yang ada di daerah tersebut.

“Para Bhabinkamtibmas kami hingga saat ini terus melakukan sambang, hingga saat ini situasi aman terkendali di Yahukimo,” terangnya. 

Sekedar diketahui, Senat Soll atau Ananias Salak ditangkap tim Satgas Nemangkawi dan anggota Polres Yahukimo di Jalan Samaru, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Kamis (2/9) sekira pukul 05:28 WIT.

Senat Soll merupakan disersi anggota TNI, ia juga menjadi anggota KKB yang selama ini diduga dalang dari beberapa kasus pembunuhan yang terjadi di Kabupaten Yahukimo. Termasuk pembunuhan dua anggota TNI dan staf KPUD Kabupaten Yahukimo Henry Jovinski pada agustus 2020. Pembakaran ATM Bank BRI Cabang Dekai-Yahukimo dan pembunuhan terhadap Muhammad Toyib di Jalan Bandara Dekai. (fia/nat)