Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat melakukan penyemprotan desinfektan terhadap rumah warga di Sentani, Senin (8/6). ( FOTO: Robert cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,  SE, M.Si mengatakan, semua elemen masyarakat di Kabupaten  Jayapura bertanggungjawab untuk memerangi Covid-19. 

“Untuk memerangi Covid-19 ini, kita tidak bisa kerja sendirian, butuh dukungan  dari seluruh elemen yang ada di Kabupaten Jayapura,” kata Bupati Mathius Awoitauw saat ditemui Cenderawasih Pos di Kantor Bupati Jayapura, Senin (8/6).

Menurutnya, upaya upaya pemerintah sejauh ini untuk memerangi Covid-19 belum mendapat dukungan sepenuhnya dari seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura. Hal itu bisa dilihat dengan adanya jumlah penambahan kasus yang terus meningkat dari hari ke hari. Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu berharap agar peran seluruh elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan,  tokoh adat, para pedagang, pimpinan OPD harus mulai memberikan pemahaman dan sosialisasi secara terus-menerus dan masif, dimulai dari lingkungan yang paling kecil yang ada wilayah di sekitar.

“Misalnya yang berjualan di pasar, dia bisa sosialisasikan dengan temannya, tokoh agama, majelis, bagaimana dia bisa memberikan pemahaman kepada jemaatnya agar bisa menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah,” tambahnya. (roy/tho)