Irjen Pol. Paulus Watrpauw (FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)
  • Terkait Langkah dan Tindakan Penegakan Hukum di Provinsi Papua

JAYAPURA-  Menggunakan Pesawat Hercules CN A-2909, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab berkunjung ke Mimika, Jumat (1/5). Kunjungan dua orang bintang dua ini dalam rangka kunjungan kerja.

Selain berkunjung di Timika, Kapolda Papua juga merencanakan berangkat ke Wamena, Sabtu (2/5). Hal ini sehubungan dengan peristiwa yang beberapa waktu yang lalu telah terjadi.

Terkait dengan operasi penegakan hukum di wilayah Papua, Kapolda Paulus Waterpauw menyampaikan bahwa pimpinan dari pusat dalam hal ini Menkopolhukam dan Kapolri telah memerintahkan Kapolda Papua selaku penanggung jawab dan wakilnya adalah Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Segala upaya, langkah-langkah dan tindakan yang dilakukan dalam rangka operasi penegakan hukum di wilayah ini menjadi tanggung jawab kami,” tegas Kapolda Paulus Waterpauw.

Dirinya juga berpesan kepada semua anggota yang saat ini bertugas di wilayah Papua. jika terdapat masalah masalah yang perlu dikoordinasikan, maka silakan lakukan komunikasi dan koordinasi dengan para komandan yang ada di wilayah ini.

Mayjen TNI Herman Asaribab (FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menjelaskan sebelum pejabat Pangdam yang lama, dirinya mendapat perintah langsung sebagai Pangkoops. Namun saat ini,  dirinya berada di bawah Pangkogabwilhan III dan sebagai Wakil dari Operasi Penegakan hukum yang diketuai oleh Kapolda Papua.

“Kita harus loyal dengan perintah yang sudah diturunkan dari pimpinan. Di lapangan harus mengikuti bahwa semua langkah-langkah dan tindakan yang berkaitan dengan tindakan penegakan hukum harus atas izin Kapolda Papua,” ungkapnya.

Direncanakan Sabtu (2/5), Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cenderawasih akan melaksanakan kunjungan ke wilayah Kabupaten Jayawijaya dalam rangka kelanjutan penyelesaian dan penanganan masalah yang terjadi di Memberamo Raya beberapa waktu yang lalu. (fia/nat)