Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Caleg Terpilih  DPRD Kabupaten Merauke periode 2019-2024 dipimpin   Ketua KPU Merauke Theresia  Mahuze, SH, Senin (22/7)   ( FOTO : Sulo/Cepos )

Partai Nasdem  Peroleh Kursi dan Suara Terbanyak 

MERAUKE- KPU Kabupaten Merauke menggelar   rapat pleno penetapan kursi dan  caleg terpilih  DPRD Kabupaten Merauke periode 2019-2024, di gedung Belasfiesta Merauke,  Senin (22/7), kemarin.   

  Rapat pleno   penetapan kursi  caleg terpilih yang dibuka  Ketua KPU Merauke Theresia Mahuze, SH, ini dihadiri   4 komisiner KPU Merauke lainnya dan   Bawaslu Kabupaten Merauke serta  utusan serta saksi dari  Partai Politik peserta pemilu.  

   Rapat pleno ini  juga dijaga ketat aparat keamanan dimana  siapapun yang masuk  ke dalam ruangan rapat pleno harus melalui   metal detector yang dipasang  oleh pihak  Kepolisian. Rapat pleno   ini dimulai  sekitar pukul 10.00-14.00 WIT. 

   Ketua KPU Kabupaten Merauke Theresia  Mahuze mengungkapkan,  rapat pleno   penetapan kursi dan  caleg  terpilih  DPRD Kabupaten Merauke hasil  Pemilu 17 April lalu  itu dilakukan setelah   mendapatkan  nomor registrasi  PHPU Mahkamah Konstitusi  dari KPU RI, dimana   dari 29 kabupaten  kota  yang  ada di Papua, hanya    Kabupaten Merauke yang  tidak ada  sengketa  baik oleh  DPRD, provinsi  dan DPD, DPRI dan Presien. “Jadi dari 29 kabupaten/kota  yang ada di  Papua, baru KPU Kabupaten  Merauke yang melakukan rapat pleno penetapan  kursi dan caleg terpilih,’’ kata  Theresia Mahuze. 

     Sementara   itu, dari   rapat penetapan  kursi dan caleg  terpilih  tersebut, hanya 9 dari 16 Parpol peserta pemiliu yang  dapat melenggang dan mendapatkan kursi  di  DPRD Kabupaten Merauke.  Dari 9   parpol  yang melenggang  dan mendapatkan kursi    tersebut, Partai Nasdem  yang mendapatkan  5 kursi sama dengan PKB,   merupakan   parpol  yang memperoleh suara sah terbanyak   yakni 13.181 suara sah disusul dengan PKB sebanyak 10.867  suara sah. 

  Sementara   3 partai memperoleh  masing-masing 4 kursi   yakni Golkar, PDIP  dan PKS.  Lalu Partai  Gerindra  yang menjadi pemenang pada Pemilu 2009 di Merauke  lalu dengan memperoleh 4 kursi melorot menjadi 3 kursi.  

  Sedangkan Hanura dan PPP masing-masing memperoleh  2 kursi. Lalu Partai Demokrat mendapatkan 1 kursi. Dengan demikian, Parpol yang berhasil mendapatkan    kursi di DPRD Kabupaten Merauke  hasil pileg 17 April 2019 lalu  adalah Nasdem, PKB,   Golkar, PDI-P, PKS Gerinda,    Hanura,  PPP dan Demokrat. 

  Theresia  Mahuze meminta para  Caleg yang  terpilih tersebut  untuk segera  melaporkan  hasil kekayaannya ke  Lembaga   yang ditunjuk sejak penetapan  tersebut dilakukan sampai 7 hari kedepan. ‘’Jika  tidak  melaporkan  kekayaanya, maka   namanya tidak dicantumkan dalam daftar   diusulkan ke gubernur untuk dilantik,’’ terangnya. 

    Wakil Bupati  Merauke Sularso, SE memberikan apresiasi atas pelaksanaan  Pemilu di Kabupaten   Merauke yang berlangsung dengan aman, lancar   dan   tanpa dilakukan   pemilihan  ulang, atau perhitungan suara ulang. Tapi  semuanya berjalan dengan  baik.  Diungkapkan   pula, bahwa dari 30 caleg  terpilih tersebut, 15 diantaranya merupakan  incumbent. Sedangkan  15 lainnya merupakan wajah baru. Karena itu, kepada  wajah baru   untuk mulai menyesuaikan diri   sehingga ketika  dilantik  nanti  sudah dapat menyesuaikan  diri. (ulo/tri) 

Daftar Caleg Terpilih DPRD Kabupaten Merauke 

Dapil I 

1. HJ.  Almoratus Solikah, S.HI  (PKB) 

2. DRs Jusup I Patrow, SH,   (PDI-P) 

3. Yulius Kendek Paonganan, S.Sos  (Golkar) 

4. Tange Mangi, SE (NasDem)  

5. Saparuddin, ST, MT (PKS) 

6. Herman Silubun, SE (Hanura) 

Dapil II

1. Drs.      Achanan Rosyadi (PKB) 

2. Fransiskus X. Sirfefa,  SIP  (Gerindra) 

3. Cosmas Jem, SIP (PDI-P)  

4. Domarsan Pasaribu, S.Sos, M.Si (Golkar) 

5. Johan  Frederik Paulus, SE (NasDem) 

6. H. Ramli (PPP) 

7. Beran Dalan Pasaribu (Demokrat)  

Dapil III

1. Bernadus Ndiken (PKB) 

2. Agus Eko Prasetyo, SP (Gerindra)  

3. Heribertus S. Silubun, SH (PDI-P)  

4. Prayogo (Golkar) 

5. Sugiyanto, SH, MH (Nasedm) 

6. Saherdi, S.Hut (PKS) 

7. H. Samsusi (PPP)  

Dapil IV 

1. Nyaman (PKB) 

2. Moses Yeremias Kaibu (Gerindra) 

3. Amiruddin  Siompul (PDI-P)  

4. Dominikus Ulukyanan, S.Pd (Golkar)  

5. Lidya Rayneldis Rahailyaan, SE (Nasdem) 

6. Yohanes Mbeniama, S.Sos (PKS) 

Dapil V 

1. H. Hasriadi (PKB) 

2. Drs. Ir. Benjamin Latumahina   (Nasdem) 

3. H. Slamet  (PKS) 

4. La Ode Kaan (Hanura) 

Sumber: KPU Kabupaten Merauke