Petugas Kantor  Kesehatan Pelabuhan  saat melakukan  pemeriksaan  suhu badan  seluruh  awak kapal   PT SPIL Hayu yang baru sandar di Dermaga Pelabuhan Merauke, Sabtu  (21/3). ( FOTO: Sulo/Cepos  )

MERAUKE-Polsek Kawasan Pelabuhan  Merauke bersama intansi  terkait melakukan  pemeriksaan  suhu badan  seluruh  awak kapal   PT SPIL Hayu yang baru sandar di Dermaga Pelabuhan Merauke, Sabtu  (21/3).  

   Kapolres Merauke AKBP  Agustinus Ary Purwanto, SIK melalui  Kapolsek   Kawasan Pelabuhan  Merauke Iptu Heppy Salampesi  menjelaskan bahwa pemeriksaan suhu dari seluruh  awak kapal   tersebut  untuk bisa mengantisipasi secara dini   terhadap penularan  virus  Corona atau Coivid-19.  

  Kapal ini sendiri,  jelas Kapolsek   melakukan perjalanan dari Surabaya   tujuan Merauke.  Menurut  dia, pemeriksaan ini  dilakukan  di atas kapal  kontainer milik PT  SPIL   tersebut  dengan jumlah  awak  kapal  sebanyak 18  orang. 

  “Yang lakukan  pengukuran suhu  dari Kantor  Kesehatan Pelabuhan. Kami dari Polsek   Kawasan Pelabuhan  Merauke  mengamankan    dan mendampingi petugas   dalam melaksanakan  tugasnya tersebut,’’ terangnya.  

   Kapolsek menjelaskan, pengukuran  suhu ini  dimulai dari Nahkoda  sampai ke ABK. Dari  pemeriksaan  yang dilakukan tersebut   hasilnya  bahwa  seluruh awak kapal dalam kondisi  tubuh  yang normal.  

   Selain pemeriksaan  tubuh  awak  kapal,  Kantor Kesehatan Pelabuhan  Merauke  juga melakukan pemeriksaan fasilitas kesehatan yang ada di atas  kapal itu yakni itu klinik, kotak P3K dan persediaan obat- obatan. Namun  dalam pemeriksaan  ini, Kata Kapolsek,   petugas menemukan beberapa jenis obat yang sudah kedaluwarsa. 

  Selanjutnya obat – obat tersebut diamankan oleh petugas Kesehatan Pelabuhan Merauke untuk dimusnahkan. “Nahkoda  kapal   terutama yang bertanggung  jawab terhadap kesehatan  seluruh awak kapal  untuk selalu memperhatikan   persediaan obat  yang ada di kapal  tersebut. Juga    jangan sampai  obat-obat itu  sudah kedaluwarsa,’’ tambahnya. (ulo/tri)