PON 2020 Papua

JAYAPURA – Cabang olahraga berbondong-bondong melakukan TC di luar Papua, asal utama karena minimnya peralatan latihan di Papua. Namun berbeda dengan cabang olahraga Selam Laut PON Papua, yang justru memilih melakukan TC di Venue pertandingan itu sendiri.

Pelatih kepala cabang olahraga Selam Laut, Absentinus Sembiring mengatakan, bahwa mereka memilih beradaptasi bersama venue pertandingan ketimbang harus melakukan TC keluar Papua.

Menurutnya, melakukan TC di venue sendiri akan menjadi keunggulan tersendiri bagi mereka. Dengan sendirinya, atlet mereka akan lebih menyatu dengan venue dari pada atlet lainnya.

Apalagi kata Sembiring, kontingen yang lolos ke PON justru akan melakukan TC di venue pertandingan yang akan digunakan di PON. 

“Khususnya di laut, malah kita itu bila perlu tetap di sini (Jayapura) karena teman-teman dari luar itu akan datang kesini karena mereka akan menyesuain diri di venue,” ungkap Sembiring kepada Cenderawasih Pos, Selasa (7/4).

Katanya, melakukan TC di venue akan memudahkan mereka untuk mengetahui kondisi venue. Sehingga saat PON, semua atletnya mampu menguasai kondisi venue.

“Provinsi yang lolos saat Pra PON pasti akan datang ke sini (Jayapura) untuk beradaptasi. Sehingga ini akan menjadi peluang kita bila tetap melakukan TC disini,” tandasnya. (eri/gin).