Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuserai dan Asisten 3 Setda Jayapura, Timothius Demetouw ketika memperlihatkan hasil produksi tepung sagu dari kelompok koperasi Made Wally Bu Maribu, Sabtu (19/12). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Papua melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua terus memberikan perhatian kepada usaha masyarakat yang bergerak di bidang pengembangan sagu. Hal inipun bisa dilihat dari keterlibatan Dinas Kehutan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua dalam pengembangan usaha tepung sagu dari koperasi Produsen Made Wally Bu Maribu.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuserai mengatakan, saat ini koperasi itu baru bergerak di bidang pengembangan produksi tepung sagu. Sehingga kedepan, selain tepung sagu, pihaknya telah merencankan pengembangan jamur sagu dengan memanfaatkan limbah sagu yang ada di tempat pengolahan.

“Selain tepung sagu yang saat ini sedang dipasarkan, kita harapkan ke depan ada aneka kue sagu, ada pengembangan jamur sagu. Kita harap dengan adanya pengembangan sagu ini bisa menjadikan sumber pendapatan ekonomi masyarakat di Maribu,” ungkapnya.

Dia mengatakan,  saat ini jenis usaha yang berkembang di koperasi  itu adalah pengolahan sagu dari masyarakat yang ada di Maribu.  Pemerintah berharap adanya pengembangan sagu ini bisa membantu mengembangkan ekonomi masyarakat yang ada di Maribu dan sekitarnya.

Selain itu, upaya ini juga sebagai bentuk untuk melestarikan sagu dengan adanya budidaya sagu dan pengembangan aneka usaha dari sagu.

“Setelah sagu ditebang, jangan lupa juga menanam. Sehingga sagu ini berkelanjutan. Kami juga saat ini sudah menjalankan kegiatan budidaya sagu ini,”tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya perhatian yang diberikan oleh pemerintah dalam kaitan pengelolaan sumber daya alam yang ada di masing-masing kampung ini, untuk mengajarkan generasi muda agar bisa memaksimalkan potensi dan sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka ke depan.

“Pemprov melalui Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, hari ini berkenan mengalokasikan dana melalui Kantor Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Kami serahkan hari ini bantuan untuk mengembangkan koperasi Produsen Made Wally Bu, untuk pengembangan sagu di Maribu.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat  dalam pengembangan dalam aneka usaha tepung sagu ke depan.(roy/tho)